Bukan Cuma Baik untuk Jantung, Makanan Pedas juga Bisa Cegah Diabetes Lho! Sudah Tahu Belum?

Gaya Hidup | herstory | Published at Selasa, 28 Desember 2021 - 12:50
Bukan Cuma Baik untuk Jantung, Makanan Pedas juga Bisa Cegah Diabetes Lho! Sudah Tahu Belum?

Makanan pedasdiketahui bisa menurunkan risiko penyakit jantung. Tapi, ternyata bukan hanya itu saja lho. Makanan pedas, terutama cabai digadang-gadang juga baik untukdiabetes.

Hal itu terungkap dalam penelitian yang dipimpil oleh Dr Kiran Ahujadari India. Penelitian ini menemukan bahwa cabai memiliki potensi untuk mencegahdiabetesdan penyakit kardiovaskular, penyebab utama morbiditas dan mortalitas.

Studi ini telah menemukan bahwa dua bahan aktifcabai, capsaicin dan dihidrocapsaicin, memiliki potensi untuk menurunkan kadar glukosa darah dan insulin, mengurangi pembentukan deposit berlemak pada dinding arteri dan mencegah pembekuan darah.

"Konsumsi makanan yang mengandung cabai bisa menurunkan glukosa darah pascamakan dan konsentrasi insulin. Kadar glukosa dan insulin yang tinggi terkait dengan peningkatan risiko untuk pengembangan diabetes," ujar Dr Kiran dikutip dari NDTV (28/12/2021).

Seperti diketahui sebelumnya bahwa cara untuk menanganidiabetesadalah dengan menggunakan obat yang diresepkan oleh ahli kesehatan dan mengelola kadar gula darah dengan mengubah gaya hidup.Seiring dengan makanan, ada beberapa rempah-rempah yang dapat membantu mengatur kadar gula darah, termasuk juga dengancabai.

Artikel Asli