Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun untuk Menyambut 2022 yang Bisa Diamalkan

Gaya Hidup | inewsid | Published at Selasa, 28 Desember 2021 - 12:33
Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun untuk Menyambut 2022 yang Bisa Diamalkan

JAKARTA, iNews.id - Menjelang tahun 2022, ada doa akhir tahun dan awal tahun yang bisa diamalkan oleh umat Islam. Berikut bacaan lengkapnya.

Doa Akhir Tahun dan Artinya

Dikutip dari buku 'Doa Harian Pengetuk Pintu Langit' terbitan Quanta doa akhir tahun pendek yang bisa diamalkan adalah sebagai berikut

  • Latin: Allahumma maa 'amiltu min 'amalin fii haadzihis sanati maa nahaitanii 'anhu, wa lam atub minhu, wa halumta fiihaa 'alayya bi fadhlika ba'da qudratika 'alaa 'uquubatii, wa da'autanii ilat-taubati min ba'di jaraa-atii 'alaa ma'shiyatika. Fa innii istagfartuka, faghfirlii wa maa 'amiltu fiihaa mimmaa tardhaa, wa wa'attanii 'alaihitstsawaaba, fa as-aluka an tataqabbala minnii wa laa taqtha' rajaa-ii minka yaa kariim
  • Artinya: Tuhanku, aku meminta ampun atas perbuatanku di tahun ini yang termasuk Kau larang sementara aku belum sempat bertaubat, perbuatanku yang Kau maklumi karena kemurahan-Mu sementara Kau mampu menyiksaku, dan perbuatan (dosa) yang Kau perintahkan untuk tobat-sementara aku menerjangnya yang berarti mendurhakai-Mu. Tuhanku, aku berharap Kau menerima perbuatanku yang terjanjikan pahala-Mu. Jangan lah kau membuatku putus asa. Wahai Tuhanku yang Maha Pemurah.

Doa Awal Tahun 2022

Para sahabat Rasulullah SAW biasa membaca doa awal tahun ketika menjumpai bulan atau tahun baru, sebagai berikut

Kapan Doa Akhir dan Awal Tahun Dibaca

Doa akhir tahun yang dibaca setelah sholat Magrib pada awal tahun biasanya di tanggal 1 Muhammaram didahuluo dengan bacaan ayat Kursi sebanyak 360 kali, disertai dengan basmalah pada tiap-tiap kalinya dan disusul doa pendek yang dianjurkan dibaca sebanyak 300 kali.

Latin: Allaahumma ya muhawwilal ahwaali hawwil haalii ilaa ahsanil ahwaali bihaulika wa quwwatika yaa 'aziizu ya muta'aal. Wa shallallaahu ta'aala ta'aala 'alaa sayyidinaa Muhammadin wa 'alaa aalihi wa shahbihii wa sallam.

Artinya: Ya Allah Zat Pemindah berbagai kondisi, pindahkan lah kondisiku pada kondisi terbaik dengan daya dan kekuatan-Mu, wahat Zat Yang Maha Agung dan Mahatinggi. Semoga Allah Ta'ala melimpahkan shalawat dan keselamatan kepada sayyidina Muhammad, keluarga, dan para sahabatnya.

Begitu juga dengan doa awal tahun yang dibaca setelah Magrib di tahun baru. Jangan lupa membaca doa akhir tahun dan awal tahun ya!

Artikel Asli