Kangkung Bikin Ngantuk, Mitos atau Fakta?

Gaya Hidup | herstory | Published at Selasa, 28 Desember 2021 - 10:35
Kangkung Bikin Ngantuk, Mitos atau Fakta?

Sejak dahulu, banyak informasi beredar tentang kangkung yang bisa bikin ngantuk setelah dikonsumsi. Tak sedikit pula orang0orang yang menghindari makan sayur ini karena tak ingin merasa ngantuk saat beraktivitas.

Padahal belum diketahui dengan pasti apakah informasi ini benar atau salah. Nah, untuk tahu lebih jelasnya, simak ulasan di bawah yuk Moms.

Melansir dari Liputan6.com (28/12/2021), dokter spesialis gizi Tirta Prawita Sari, mengungkapkan informasi mengenai kangkung dapat menyebabkan kantuk adalah mitos.

"Itu bisa jadi sugesti atau setiap makan dia terlalu banyak, nafsu makan banget. Jadi, bukan karena ada zat tertentu dalam kangkung yang bikin orang jadi ngantuk, tergantung porsinya," kata dokter yang praktik di Rumah Sakit Pondok Indah tersebut.

Menurutnya, selain makan dalam jumlah porsi yang besar, makan terllau cepat juga bisa menyebabkan kantuk, Moms.Ini karena saat makan terlalu cepat, tubuh belum sempat mendeteksi apakah lambung sudah siap atau belum.

Nah, kalau makan terlalu cepat, ujung-ujungnya bisa membuat Moms makan terus menerus sampai kekenyangan dan kemudian mengantuk. OLeh sebab itu, perlu waktu setidaknya 10-20 menit untuk menyadari bahwa kamu merasa cukup kenyang.

Rentang waktu tersebut digunakan untuk menyampaikan pesan dari lambung ke otak, ya Moms. Karenanya, penting bagi kamu untuk makan dengan takaran yang tepat. Hindari juga makan sampai begah, ya Moms.

Artikel Asli