Tak Cuma Ka`bah, Ini Sederet Tempat yang Tak Boleh Dilintasi Pesawat

Gaya Hidup | okezone | Published at Selasa, 28 Desember 2021 - 10:05
Tak Cuma Ka`bah, Ini Sederet Tempat yang Tak Boleh Dilintasi Pesawat

JAKARTA - Beberapa tempat di dunia rupanya memiliki aturan agar tak boleh dilintasi pesawat demi keamanan bersama.

Tempat yang tidak boleh dilewati pesawat terbang ini namanya no-fly zone atau zona larangan terbang.

Pilot pun harus mematuhi aturan tersebut saat menerbangkan pesawat.

Berikut sejumlah tempat zona larangan terbang yang ada di dunia melansir The Sun:

1. Ka'bah

Ka'bah adalah pusat titik Bumi, letak Ka'bah yang berada di tengah kutub selatan dan kutub utara membuatnya disebut sebagai Zero Magnetism Area dan menjadi pusat Bumi. Hal itulah yang membuat pesawat dan burung tidak bisa terbang di atas Ka'bah.

2. Taj Mahal

Pemerintah India melindungi situs ini dengan membuat aturan bahwa pesawat tidak boleh melintasi Taj Mahal. Selain untuk melindungi bangunan Taj Mahal apabila terjadi kecelakaan pesawat, aturan ini juga diberlakukan agar pengunjung Taj Mahal tetap aman. Badan keamanan nasional India menetapkan zona larangan terbang yakni dalam radius 1,5 km di atas situs bersejarah India itu.

Terungkap Penyebab Penumpang Harus Menunggu Keluar dari Kabin Meski Pesawat Sudah Mendarat

Sering Ingin Buang Angin Saat Naik Pesawat? Ternyata Ini Penyebabnya

3. Rumah Lionel Messi

Sebuah peraturan diterapkan terminal baru Bandara Internasional El Prat de Llobregat, Barcelona, Spanyol yakni pesawat dilarang melintasi rumah Lionel Messi . Rumah megabintang Barcelona dan Argentina itu berada di Kota Gava, Castelldefels, hanya berjarak 10 kilometer dari bandara El Prat, tepatnya di sisi barat area bandara. Area rumah Messi bisa dilewati pesawat yang terbang dari kota-kota Spanyol Selatan, Portugal, dan Maroko, ketika akan take-off dan mendarat. Maka itu, otoritas bandara memberlakukan peraturan zona larangan terbang tersebut. Rumah Messi di Barcelona menjadi salah satu kawasan termahal.

4. Tibet

Wilayah Tibet terletak di perbatasan Asia Timur dan Asia Selatan. Secara detail Negeri beratap langit itu letaknya di bagian selatan China dan berbatasan dengan India, Nepal, Burma, dan Bhutan. Tibet dikenal sebagai dataran tertinggi di dunia karena ada kompleks pegunungan Himalaya. Pesawat tidak diizinkan terbang di atas wilayah Tibet karena faktor keamanan.

Artikel Asli