Menurut Instagram, Ini Deretan Tren yang Diprediksi akan Booming di 2022!

Gaya Hidup | journal.sociolla.com | Published at Selasa, 28 Desember 2021 - 10:30
Menurut Instagram, Ini Deretan Tren yang Diprediksi akan Booming di 2022!

Enggak terasa tahun 2022 sudah di depan mata, nih! Sebagai salah satu platform media sosial terbesar, Instagram tak ketinggalan membuat laporan tahunan untuk melihat tren apa saja yang sedang berkembang, dan masih akan berlanjut di tahun 2022. Instagram merangkum sejumlah tren dan terobosan apa saja yang mungkin bisa dilakukan untuk memberi ruang para kreator untuk berkarya. Nah, kira-kira tren apa saja ya yang diperkirakan akan booming di tahun depan?

Fashion Berani & Makeup Simple

sumber: www.freepik.com

Setelah hampir dua tahun menikmati gaya fashion yang lebih santai dan anti ribet saat pandemi, ini saatnya untuk mulai bereksperimen lagi melalui outfit yang dikenakan. Mulai dari gaya yang berani, optimis, dan menunjukan ekspresi diri, seperti style pop-vintage untuk era 2022 nanti.

Untuk gaya makeup sendiri, nampaknya tren natural atau minimalis masih akan menjadi primadona. Ditambah lagi, setiap orang akan lebih peduli pada perawatan tubuh, di mana mereka akan menjadi lebih pemilih dalam menggunakan produk skincare maupun makeup yang lebih aman dan simpel. Salah satunya seperti menggunakan berbagai produk berkandungan vegan, plant-based , dan less-iritated .

Thrifting

sumber: www.freepik.com

Data yang dihimpun Instagram mengungkapkan jika generasi muda semakin menyukai pengalaman berbelanja baru, sekaligus meningkatkan minat berbelanja melalui platform online seperti Instagram. Salah satu yang sedang menjamur adalah bisnis thrifting, yaitu membeli dan menggunakan barang bekas pakai yang masih layak, sekaligus membantu global sustainability .

Menurut data, sekitar 1 dari 4, baik remaja maupun usia dewasa sangat menantikan pengalaman berbelanja online yang lebih mudah, atau menghadirkan fitur in-app khusus untuk berbelanja. Di tahun 2022, mereka juga amat menantikan kehadiran website thrifting yang lebih lengkap dan user-friendly untuk digunakan berbelanja produk second-hand .

Selain itu, mereka juga mengharapkan dapat berkontribusi untuk clothing sustainability dengan cara menjual produk yang mereka miliki melalui media online dengan mudah.

Visualiasi Musik yang Lebih Bervariasi

sumber: www.freepik.com

Video pendek yang saat ini sedang tren juga mempengaruhi pencarian musik di platform yang tidak biasa, salah satunya di Instagram. Di masa pandemi, beberapa video musik dibuat dengan visualisasi yang berbeda dan lebih kreatif. Menurut data dari Instagram, 24% pengguna sangat menantikan pengalaman live-stream concert atau rilisan album visual yang lebih banyak di tahun 2022.

Sekitar 41% generasi di usia 13-24 tahun pengguna Instagram berharap dapat dengan mudah menemukan lebih banyak lagu baru dari artis yang beragam di media sosial. Bukan hanya dari segi musik, 1 dari 3 remaja pengguna Instagram juga tak sabar untuk melihat dance challenge yang lebih menarik di 2022.

--------------------------------------- SPLIT PAGE ---------------------------------------

Kegiatan Memasak Jadi Hobi Baru

sumber: www.freepik.com

Menurut Instagram, di tahun depan membuat masakan sendiri akan tetap berlanjut seperti saat ini dengan teknik memasak yang lebih kompleks dan sulit. Biasanya, kegiatan memasak cenderung dihindari karena cukup menyita banyak waktu. Namun, selama pandemi dua tahun belakangan, banyak anak muda yang mulai menemukan kecintaannya terhadap memasak. Misalnya untuk mengisi waktu luang, cenderung lebih hemat, dan demi perubahan gaya hidup yang lebih sehat.

Instagram menyatakan, 1 dari 4 generasi muda atau millenial mulai menggeluti dunia memasak dengan membuat sesuatu yang manis, dan mencari resep masakan lain yang lebih variatif saat telah berhasil melakukannya. Selain itu, 1 dari 6 anak muda juga mulai tertarik mencari alat-alat memasak dan rumah tangga, di mana tren ini dipercaya akan terus belanjut hingga tahun 2022.

Generasi Z akan Lebih Memikirkan Tujuan Pendidikan & Karier yang Tepat

sumber: www.freepik.com

Saat ini, next-gen professionals atau generasi muda di usia aktif bekerja, mulai meninjau kembali terkait sistem pembelajaran dan tujuan karier yang ingin ditempuh. Di kala jeda pandemi, banyak generasi muda yang berpikir kembali tentang semua aspek kehidupan yang sedang dijalani.

Sekitar 98% generasi Z percaya jika pembelajaran terbaik itu datang dari pengalaman di dunia nyata sekaligus mempertimbangan segala alternatif yang ada. Mereka tidak ingin pekerjaan menjadi suatu hal yang akan menyita hidup, dan 68% dari mereka ingin menemukan pekerjaan yang dapat dinikmati bukan hanya sebagai kewajiban semata. Pada akhirnya di tahun 2022, generasi Z akan lebih memikirkan arti dari sukses itu sendiri, bersamaan dengan perubahan lingkungan sosial.

Menurut kamu, tren mana nih yang beneran akan booming di sepanjang tahun 2022? Coba tulis di kolom komentar, yuk!

Artikel Asli