Bareng Inakriya Kendal, Senyum Anak-anak Pengungsi Erupsi Semeru Kembali Merekah

Gaya Hidup | gatra.com | Published at Selasa, 28 Desember 2021 - 08:16
Bareng Inakriya Kendal, Senyum Anak-anak Pengungsi Erupsi Semeru Kembali Merekah

Lumajang, Gatra.com- Wajah polos anak-anak pengungsi erupsi Gunung Semeru yang membutuhkan pendampingan untuk meringankan beban psikologisnya, kembali bisa tersenyum saat didampingi relawan Inkubator Kreasi Seni Pariwisata dan Budaya (Inakriya) Kabupaten Kendal Jawa Tengah.
Tim Inakriya Kabupaten Kendal sengaja datang ke Lumajang Jawa Timur untuk melakukan bakti sosial kemanusiaan, kemasyarakatan dan pendidikan bagi para pengungsi erupsi Gunung Semeru tepatnya di Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang Jawa Timur.
Dalam rilisnya yang diterima Gatra.com, tim relawan Inakriya Kendal yang hingga sekarang masih berada di tempat pengungsian terus melakukan baksos. Kegiatan ini dilakukan Inakriya dengan aksi gerakan mengajar dan berbagi untuk para siswa-siswi mulai tingkat TK hingga SD di Posko Pengungsian yang terletak di SMP 2 Pronojiwo Desa Oro-oro Ombo Kecamatan Pronojiwo.
"Alhamdulillah, dengan kehadiran kami di sini anak-anak nampak sangat senang. Di sini anak-anak bisa belajar dan mengaji bersama. Kepada anak-anak juga dibagikan bantuan. Jadi mereka tambah senang," kata Koordinator Inakriya Kendal M Rully Sahputra, Senin (27/12).
Rully memaparkan, sebelum berangkat ke Lumajang, ia bersama dengan pimpinan Inakriya Kendal yang lain seperti Devi Anggraini dan Arfaq Akil terlebih dahulu melakukan penggalangan donasi bantuan ke masyarakat Kendal dan Semarang. Penggalangan dana juga dilakukan di SMK Negeri 6 Kendal, SMA Negeri 1 Pegandon, SMA Negeri 1 Singorojo dan SMA Negeri 1 Limbangan.
Setidaknya donasi bantuan terkumpul mencapai Rp 8 juta rupiah dari aksi yang dilakukan. Selain itu, aksi tersebut juga berhasil mengumpulkan donasi baju layak pakai. "Dalam baksos ini kami turun langsung dan melihat aktivitas para pengungsi. Kami berikan kepada mereka alat-alat sekolah, obat-obatan dan masker serta handsanitizer," ungkapnya.
Ia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada masyarakat atas partisipasinya dalam penggalangan dan yg telah dilakukan baik secara langsung maupun membuka open donasi melalui media sosial. Ucapan terimakasih kembali disampaikan kepada masyarakat yang telah mempercayakan Inakriya Kendal untuk menyalurkan langsung bantuan yang telah digalang bersama.
Founder Inakriya Pusat Jawa Tengah sekaligus Dosen UDINUS Semarang, Lisa Mardiana memberikan apresiasi kepada tim Inakriya yang telah amanah dalam menyalurkan bantuan serta melakukan kegiatan sosial bagi para korban erupsi Gunung Semeru.
Saya sangat berterima kasih dan bangga kepada seluruh tim Inakriya, semoga yang dilakukan ini bisa menjadi berkah dan bermanfaat. Bisa menjadi pengalaman yang berharga dan bisa menjadi pemicu kebaikan-kebaikan yang akan datang,. Kami juga berterima kasih kepada para donatur dan mitra kami atas partisipasi, kolaborasi, dan kepercayaannya menyalurkan bantuan melalui Inakriya, ujar Lisa.
Sementara itu, Koordinator Posko Pengungsian SMP 2 Pronojiwo Desa Oro Oro Ombo Kecamatan Pronojiwo, Zahid berterima kasih atas bantuan yang telah disalurkan oleh Inakriya.
Kami sangat senang dan berterima kasih kepada Inakriya yang sudah jauh-jauh datang dari Kabupaten Kendal Jawa Tengah ke Pronojiwo untuk Menghibur anak anak di sini dan memberikan edukasi bantuan Kepada mereka, tutur Zahid.

Artikel Asli