Sering Konsumsi Minuman Soda? Hati-hati Diabetes!

Gaya Hidup | herstory | Published at Selasa, 28 Desember 2021 - 07:40
Sering Konsumsi Minuman Soda? Hati-hati Diabetes!

Minuman Soda memang menjadi pelepas dahaga yang pas, Moms. Tapi hati-hati kalau sering minum minuman ini karena mengandung banyak gula di dalamnya.

Kalau dikonsumsi secara berlebihan tentu memberikan efek yang buruk bagi tubuh. Nah, berikut ini empat dampak mengonsumsi soda manis bagi kesehatan, yaitu:

menambah berat badan

Ini karena soda mengandung gula tambahan dengan jenis sukrosa atau fruktosa dalam jumlah yang besar. Kedua kandungan gula ini apabila dikonsumsi justru tidak memberikan efek kenyang.

Selain itu, minum soda sama saja menambah asupan kalori dalam tubuh sehingga berdampak pada penambahan berat badan. Jadi wajar saja kalau berat badanmu naik karena sering minum minuman soda.

Meningkatkan risiko diabetes tipe 2

Nah Moms asupan fruktosa yang berlebihan dalam tubuh, bisa menyebabkan resistensi insulin atau kekurangan insulin. Hal ini karena gula tambahan bisa meningkatkan gula darah dalam tubuh sehingga bisa meningkatkan risiko diabetes tipe 2.

Kerusakan gigi

Konsumsi minuman soda yang berlebihan bisa menyumbang risiko kerusakan gigi sebab soda bisa mengikis permukaan gigi. Nha, gigi yang terkikis tak bisa tumbuh kembali.

Mengurangi kekuatan tulang

Konsumsi soda dihubungkan dengan kekuatan tulang yang makin menurun. Hal ini diungkapkan oleh The American Journal of Clinical Nutrition, wanita yang mengonsumsi soda secara teratur cenderung mengalami penurunan kekuatan tulang pinggul dibandingkan dengan wanita yang tidak meminumnya. Dengan demikian, tingkat penurunan kekuatan tulang berkorelasi dengan jumlah soda yang dikonsumsi.

Artikel Asli