Minuman Terburuk untuk Otak Anak Menurut Studi Terbaru, Ngeri Efeknya Moms!

Gaya Hidup | herstory | Published at Selasa, 28 Desember 2021 - 07:25
Minuman Terburuk  untuk Otak Anak Menurut Studi Terbaru, Ngeri Efeknya Moms!

Moms, mungkin kamu sudah menghabiskan cukup banyak waktu untuk memikirkan bagaimana pola makan anakmu memengaruhi tubuh mereka.

Kamu mungkin memperhatikan konsumsi kalsium mereka untuk memastikan tulang mereka berkembang sebagaimana mestinya, berpikir tentang asupan vitamin C mereka untuk memastikan mereka memiliki sistem kekebalan yang kuat, dan kamu mencari tahu bagaimana makanan yang berbeda mempengaruhi tingkat energi mereka.

Faktanya, makanan yang dimakan anak-anak tak hanya memengaruhi tubuh mereka Moms, makanan juga merupakan kunci kesehatan kognitif mereka.

Terbaru, penelitian menemukan fakta bahwa untuk anak-anak usia sekolah dasar, minuman ringan manis dapat merusak fungsi otak mereka.

Dalam studi yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients, para peneliti meneliti sekitar 6.400 anak usia 6-12 tahun, menanyakan seberapa sering mereka mengonsumsi minuman manis dan berapa banyak yang mereka minum.

Peneliti membandingkan tanggapan ini dengan kinerja anak-anak pada tes fungsi eksekutif. Konsumsi minuman manis yang lebih besar dikaitkan dengan kinerja yang lebih buruk pada penilaian ini.

Fungsi eksekutif berkaitan dengan lebih dari sekedar, katakanlah, seberapa baik anak akan melakukan tes ejaan. Tentu, tes mengukur keterampilan kognitif seperti memori kerja dan kemampuan untuk mengatur, tetapi mereka juga memasukkan ukuran seberapa baik anak-anak dapat mengendalikan emosi dan memantau perilaku mereka.

Jadi pada dasarnya, jika menyangkut fungsi eksekutif, kamu bisa melihat dampaknya di sekolah dan di rumah, Moms.

"Ini berfungsi sebagai pengingat yang sangat baik bagi orang tua bahwa soda , minuman energi, dan jus tidak boleh menjadi minuman utama yang ditawarkan di rumah atau disediakan untuk anak-anak. Air putih harus menjadi minuman pilihan. Ini bisa ditambahkan dengan buah beri, jeruk, atau bahkan mentimun, untuk membuatnya lebih menarik," kata Michelle Babb, MS, RD, penulis Anti-Inflammatory Eating for a Happy , sebagaimana dikutip dari laman Eat This , Selasa (28/12/2021).

Jika kamu ingin sesuatu yang lebih manis untuk minuman anakmu Moms , Babb merekomendasikan untuk mengencerkan 100% jus buah murni menjadi 70% air, 30% jus, atau memilih smoothie buatan sendiri dengan buah dan sayuran segar.

Sangat penting untuk membatasi soda manis hanya pada minuman yang sering diminum karena dampak ini pada fungsi kognitif tidak terbatas pada jangka pendek.

Penelitian ini juga mengungkap fakta bahwa minum terlalu banyak soda di masa kanak-kanak juga dapat merusak pikiran mereka di kemudian hari, serta merusak ingatan mereka di masa dewasa.

Semoga informasinya bermanfaat ya!

Artikel Asli