Jangan Sembarangan, Ini Waktu yang Tepat Minum Obat Kolesterol

Gaya Hidup | herstory | Published at Selasa, 28 Desember 2021 - 07:05
Jangan Sembarangan, Ini Waktu yang Tepat Minum Obat Kolesterol

Moms minum obat juga ada aturannya, lho. Kapan waktunya harus minum pun gak boleh sembarangan. Begitu pula dengan minum obat kolesterol.

Nah, salah satu obat yang digunakan untuk membantu menghentikan produksi kolesterol di dalam hati yaitu obat statin. Obat ini biasa diresepkan oleh dokter untuk mengurangi risiko penyakit jantung, karena membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi.

Kolesterol jahat (LDL) menempel di bagian dalam arteri sehingga meningkatkan risiko penyakit jantung. Nah, statin ini menurunkan kolesterol tinggi dengan menghalangi enzim yang membantu hati membuat kolesterol.

Lalu, kapan waktu yang tepat dan efektif untuk minum obat ini? Malam hari adalah waktu yang tepat untuk mengonsumsi statin. Ini karena saat malam hari, produksi kolesterol sedang meningkat.

Melansir Tempo (28/12/2021), tubuh memecah fluvastatin (Lescol), lovastatin (generik, Mevacor), pravastatin (generik, Pravachol), dan simvastatin (generik, Zocor) dengan cukup cepat. Oleh karena itu, meminumnya di malam hari memastikan kamu cukup obat saat paling membutuhkannya.

Sementara dua statin lainnya, atorvastatin (Lipitor) dan rosuvastatin (Crestor) tidak mudah dipecah, jadi bisa meminumnya kapan saja.

Apakah ada efek samping?

Sama seperti obat-obatan yang lain, statin dapat menyebabkan efek samping tetapi kebanyakan orang menoleransi dengan baik dan tak memiliki masalah. Efek samping ini bisa bervariasi antara statin yang berbeda. Tetapi, efek samping yang umum meliputi:

Artikel Asli