Rekomendasi Buah Untuk Menaikan Berat Badan Anak

Gaya Hidup | yesdok.com | Published at Minggu, 26 Desember 2021 - 19:40
Rekomendasi Buah Untuk Menaikan Berat Badan Anak

Melihat si kecil tumbuh dan berkembang dengan baik adalah keinginan semua orang tua. Pertumbuhan anak yang baik dapat dilihat dari naiknya berat badan si kecil seiring bertambahnya usia. Namun, tidak sedikit anak yang kesulitan untuk menambah berat badan bahkan mengalami penurunan.

Jika anak Anda mengalami kesulitan menambah berat makan, jangan terburu-buru untuk memberikan si kecil vitamin penambah nafsu makan. Anda dapat melakukannya dengan cara alami terlebih dahulu seperti memberikan buah-buahan yang mampu membantu kenaikan berat badan anak. Berikut deretan buah yang dapat membantu penambahan berat badan anak:

Pepaya

Pepaya mengandung kalori yang tinggi dan kandungan gula yang alami. Pepaya bisa menaikkan berat badan karena pada 100 gr pepaya memiliki 46 kalori. Pepaya dapat diberikan sejak si kecil sudah mendapatkan MPASI. Anda dapat memilih pepaya yang sudah matang karena teksturnya lebih lembut dan mudah dicerna oleh bayi.

Pisang

Pisang adalah pilihan yang tepat untuk menambah berat badan anak. Dalam pisang seberat 118 gr mengandung 27 gr karbohidrat dan 105 gr kalori. Pisang juga dikenal mengandung tinggi karbohidrat, memiliki indeks glikemik rendah, protein lemak sehat dan vitamin B6. Apalagi pisang sangat mudah diolah menjadi makanan yang menggugah selera si kecil.

Alpukat

Alpukat terdiri dari lemak jenuh tunggal, sedikit lemak jenuh dan lemak tak jenuh ganda. Kandungan lemak pada alpukat tergolong sangat sehat. Anda dapat menambahkan alpukat pada menu si kecil agar dapat membantu bertambahnya berat badan.

Kurma

Kandungan gula alami pada buah kurma dipercaya dapat membantu menambah berat badan si kecil. Anda dapat memberikan kurma pada anak di atas usia 12 bulan. Pilihlah kurma yang masih murni dan asli, jangan memberikan kurma buatan atau yang sudah dioplos.

Pir

Siapa yang sangka jika buah pir ternyata memiliki kadar kalori yang tinggi sehingga dapat menambah berat badan anak. Meski kalorinya tinggi, buah pir memiliki indeks glikemik yang rendah sama seperti pisang. Selain itu, buah pir mengandung banyak vitamin, antioksidan serta elektrolit seperti magnesium dan tembaga.

(Foto: singapore sole parent)

Artikel Asli