Jenis Olahraga yang Cocok bagi Penderita Rheumatoid Arthritis

Gaya Hidup | yesdok.com | Published at Minggu, 26 Desember 2021 - 07:10
Jenis Olahraga yang Cocok bagi Penderita Rheumatoid Arthritis

Orang dengan Rheumatoid Arthritis mendapati bahwa berolahraga memiliki manfaat dalam menghilangkan rasa sakit dan kekakuan sendi.

Mereka mungkin menemukan bahwa rasa sakit mereka lebih reda saat beraktivitas fisik daripada biasanya.

Aktivitas fisik bisa mengurangi gejala nyeri, meningkatkan fungsi dan fleksibilitas sendi serta juga bermanfaat dalam meningkatkan suasana hati.

Rheumatoid arthritis dapat mempercepat hilangnya massa otot yang umumnya terjadi seiring bertambahnya usia. Oleh karena itu, pentingnya melakukan latihan yang mampu membangun otot dan memperkuat jantung dan paru-paru Anda.

Berikut adalah jenis latihan terbaik bagi penderita rheumatoid arthritis

Jalan kaki

Jalan kaki merupakan salah satu jenis aktivitas fisik berdampak rendah yang bisa membantu kesehatan jantung, sendi dan suasana hati.

Penting untuk menggunakan sepatu yang tepat saat berjalan kaki dan tetap terhidrasi, agar berjalan terasa tidak berat.

Latihan kekuatan

Latihan kekuatan bertujuan untuk memperkuat massa otot di sekitar sendi serta membantu melatih kekuatan otot sekaligus meredakan gejala rasa sakit akibat rheumatoid arthritis.

Seorang ahli terapi fisik dapat bekerja dengan penderita rheumatoid arthritis tentang panduan latihan fisik yang sesuai dengan kondisi medis ini.

Bersepeda

Karena RA dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, sangat penting untuk menjaga jantung agar tetap sehat. Bersepeda mampu meningkatkan fungsi kardiovaskular.
Stretching

Stretching mungkin termasuk jenis aktivitas fisik terkesan sederhana namun berdampak baik bagi penderita rheumatoid arthritis.

Melakukan stretching setiap hari dapat membantu meningkatkan fleksibilitas, mengurangi kekakuan pada otot dan meningkatkan aliran darah ke seluruh otot tubuh.

Artikel Asli