Perangkat Perundangan dan Pemahaman Bela Negara

Gaya Hidup | nawalakarsa.id | Published at Minggu, 26 Desember 2021 - 22:57
Perangkat Perundangan dan Pemahaman Bela Negara

Bela negara adalah konsep yang disusun oleh perangkat perundangan dan petinggi suatu negara tentang patriotisme seseorang, suatu kelompok atau seluruh komponen dari suatu negara dalam kepentingan mempertahankan eksistensi negara tersebut.

Seperti yang kita ketahui setiap warga negara Indonesia memiliki kewajiban dalam pembelaan negara. Kita harus memahami bahwa bela negara merupakan upaya mempertahankan negara dari berbagai ancaman, baik ancaman serangan militer maupun ancaman non militer.

Adapun unsur-unsur dasar bela negara adalah sebagai berikut;

  1. Cinta Tanah Air;
  2. Kesadaran Berbangsa & bernegara;
  3. Yakin akan Pancasila sebagai ideologi negara;
  4. Rela berkorban untuk bangsa & negara;
  5. Memiliki kemampuan awal bela negara.

Kita dapat mewujudkan unsur-unsur tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Contoh implementasi bela negara pada kehidupan sehari-hari yaitu belajar dengan giat, mematuhi peraturan baik peraturan yang ada di dalam rumah, sekolah atau kampus, maupun di tempat umum.

Untuk memperingati deklarasi Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) Selain dipilihlah tanggal 19 Desember untuk memperingati Hari Bela Negara. Dimana berkat adanya PDRI, keberadaan kepemimpinan Republik Indonesia akibat Agresi Militer Belanda II dapat dipertahankan.

Bela Negara merupakan sebuah konsep yang telah disusun oleh perangkat perundangan dan petinggi negara mengenai jiwa patriotisme seseorang, sebuah kelompok, maupun seluruh warga negara untuk mempertahankan eksistensi negara.

Konsep bela negara juga diatur di dalam Undang-Undang nomor 3 tahun 2002 Pasal 9 (1) tentang Pertahanan Negara, yang menyebutkan, Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya bela negara yang diwujudkan dalam penyelenggaraan pertahanan negara.

Sebagai generasi muda penerus bangsa terutama di era digital seperti ini, kita dapat mengimplementasikan unsur-unsur bela negara dengan berbagai hal.

Contohnya adalah melakukan kampanye bela negara di media sosial, ikut serta aktif dalam program pemerintah demi mengurangi penyebaran virus Covid-19, ataupun mengikuti seminar maupun webinar yang bertemakan bela negara.

Hal-hal kecil bila dilakukan bersama akan terasa dampaknya. Oleh karena itu diharapkan dengan adanya pembelajaran bela negara ini, masyarakat terutama mahasiswa lebih menyadari betapa pentingnya untuk bela negara.


Itulah artikel Bela Negara dari Vincentia Stephani , mahasiswa program studi Ilmu Komunikasi UPN Veteran Jawa Timur. Ingin artikel kamu masuk dalam media elektronik Nawala Karsa? Lihat caranya di Instagram kami!

&
Artikel Asli