Jelang Tahun Macan Air, Ini Kata Ahli Feng Shui Internasional

Gaya Hidup | gatra.com | Published at Minggu, 26 Desember 2021 - 20:31
Jelang Tahun Macan Air, Ini Kata Ahli Feng Shui Internasional

Jakarta, Gatra.com Suhana Lim, dari Suhana Lim Feng Shui Consulting bersama Wise Indonesia Society (WISE) menyelenggarakan acara feng shui talk mengenai tahun Macan Yang (+) Kayu, yang diberi judul Roaring Tiger 2022, melalui platform Zoom, Minggu (26/12).

Suhana Lim yang merupakan seorang konsultan feng shui Internasional dengan banyak klien tersebar di mancanegara menjadi narasumber dalam acara tersebut. Berdasarkan penanggalan Tionghoa, periode antara 01 Februari 2022 hingga 21 Januari 2023 termasuk dalam periode tahun Macan adalah di urutan ketiga pada dua belas shio.

Tahun Macan 2022 - 2023 ini kita berada di tahun ketiga dari sebuah siklus/putaran (selama atau per-12 tahun). Secara formal adalah tahun Macan berunsur Yang Water, ujar Suhana Lim.

Tahun Macan Yang Water diistilahkan pula sebagai tahun Macan Hitam ( Black Tiger ). Ini karena salah satu warna dari unsur Air ialah hitam. Ada juga yang menyebut sebagai tahun Macan Biru ( Blue Tiger ). Ini juga karena warna blue (biru) adalah warna dari unsur Air, jelas Suhana.

WISE sendiri adalah organisasi non-profit yang menyebarkan dan melestarikan aneka ilmu dan kebijaksanaan Tiongkok; agar bisa dimanfaatkan bagi kebaikan semua orang. WISE sudah berulang kali menyelenggarakan pendidikan Thick Black Study ( Hu H?i Xu ); adalah sebuah ilmu langka dari Tiongkok, yang sangat bermanfaat untuk mengupgrade faktor Manusia agar kehidupan menjadi lebih baik.

Suhana juga menjelaskan bahwa simbol Yang Water mengacu kepada yang diistilahkan tian gan sedangkan simbol Macan mewakili d zh?. Tian gan d zhi disebut sebagai Heavenly Stems Earthly Branches. Atau kalau dalam catatan-catatan singkat sebagai HS dan EB, jelasnya.

Hari yang menandai awal dari musim semi, dalam penanggalan Tiongkok diistilahkan sebagai lchun . Lchun the Spring Festival / Beginning of Spring umumnya jatuh antara tanggal 3 sampai 5 di bulan Februari.

Di masa silam dikatakan bahwa apabila cuaca cerah pada hari lchun , berarti peluang lebih besar untuk mendapatkan panen pertanian yang berlimpah. Sebaliknya, jika cuaca tidak baik (hujan), maka para petani harus bersiap-siap menghadapi musim panen yang kurang atau tidak maksimal, terangnya.

Perubahan energi pada setiap tahun akan ikut memengaruhi dinamika aneka aspek kehidupan di Alam Semesta (Universe). Manusia, sebagai salah satu penghuni Universe maka tidak luput akan ikut dipengaruhi dan terkena efek (positif maupun negative) dari perubahan yang terjadi.

Pada webinar ini, Suhana menyampaikan bahwa selama tahun Macan 2022, secara umum bagi mereka yang di ba zi (komposisi energy perorangan) nya terdapat simbol Monyet, Ular, dan atau Macan; maka perlu lebih berhati-hati dalam melakoni semua aktivitas sehari-hari. Harus lebih lebih bersabar dan menampilkan sikap mengalah.

Ini karena dalam pakem ba zi , ketiga simbol tadi sedang mengalami clashing atau yang umum dikenal sebagai ciong. Sebaliknya, untuk yang di ba zi (komposisi energy perorangan) nya terdapat simbol Babi, Kuda, Anjing adalah lebih dimudahkan perjalanan kehidupannya. Maka perlu lebih optimis dan memanfaatkan timing baik dengan optimal. Meski begitu, bukan lantas menjadi sembrono dan semena-mena melakukan aktivitas tanpa perhitungan.

Suhana, yang sejak tahun 90 an sudah berdomisili di Melbourne, juga menyampaikan bahwa secara umum aktivitas bisnis yang dikategorikan berunsur Logam, Tanah dan Air akan lebih moncer. Bisnis kategori Logam antara lain: otomotif, aneka produk besi baja, farmasi, apotik, rumah sakit. Usaha kategori Tanah misalnya: peternakan, real estate / properti, keuangan, super/mini market. Bisnis jenis Air misalnya: minuman, kurir, pengangkutan, tekekomunikasi.

Bagi aktivitas dagang yang kategori berunsur Kayu dan Api maka akan lebih penuh tantangan. Bisnis berunsur Kayu misalnya: tekstil, hasil bumi, kertas. Bisnis berunsur Api antara lain: barang-barang elektronik, bahan kimia, galeri lukisan, perfilman.

Pergantian energi tahun juga ikut memengaruhi aspek kesehatan. Secara umum organ dan atau bagian tubuh yang kategori unsur Kayu, Air dan Tanah perlu lebih hati-hati. Khususnya bagi kita yang selama ini sudah punya masalah.

Dalam pakem Traditional Chinese Medicine (TCM), organ Liver, Kandung Empedu, sistim syaraf termasuk kategori unsur Kayu; organ Ginjal, alat reproduksi, sistim pendengaran, tulang termasuk unsur Air. Sementara, organ Limpa, sistim pencernaan, otot-otot adalah kategori unsur Tanah. Demikian pula informasi yang diberikan oleh Suhana pada webinar yang diikuti oleh banyak peserta dari berbagai kota di tanah air dan dari luar negeri.

Yao you naixin! alias harus lebih bersabar! adalah keyword bagi kita dalam menjalani tahun Macan. Begitu yang disampaikan Suhana. Ini karena salah satu karakteristik tahun Macan 2022 ialah dimana kita mudah naik emosi dan sikap tidak mau mengalah akan lebih mewarnai kehidupan.

Apapun yang dikatakan atau diinfokan atau diprediksikan mengenai kehidupan kita di tahun Macan 2022 (dan atau tahun apapun); kita tetap harus optimis dan positif thinking. Tidak usah lantas menjadi parno karena diinfokan bahwa kita akan kurang hoki, atau menjadi lupa diri karena dikatakan kita akan hoki, bebernya.

Karena kehidupan kita, jelas dia, adalah dipengaruhi oleh faktor Langit, Manusia, Bumi. Faktor Langit, antara lain ialah bagaimana status ba zi kita; faktor Manusia ialah menyangkut semua usaha tindakan perbuatan kita, dan faktor Bumi ialah berkaitan dengan baik buruk nya feng shui bangunan (rumah dan tempat bisnis atau kantor) kita.

Nah tiga faktor utama dan penting ini semuanya ikut memengaruhi dan menentukan bagaimana kehidupan kita. Last but not the least, tidak lupa pula memberdayakan dan mengoptimalkan sisi keyakinan kita masing-masing. Nah kalau semua ini sudah kita jalankan, maka kun fayakun kehidupan kita akan lebih sehat, mudah, lancar dan hoki, imbuh Suhana.

Dia pun mengajak klien-klien nya untuk mengaplikasikan feng shui secara objektif (sebagai sebuah keilmuan tanpa mencampur adukan atau membawa-bawa unsur mistik, agama), berlogika (agar tidak menjadi kearah takhayul dan atau irasional), proprosional (mengaplikasikannya dalam batas yang wajar tanpa membabi buta).

Mari kita semua menyongsong tahun baru dengan naiwatu, pikiran, perasaan, usaha, tindakan yang positif. Semoga kehidupan kita semua akan lebih sehat fisik dan psikis nya, serta lebih produktif dan hoki, tandasnya.

Artikel Asli