Puluhan Ribu Unta Ikut Kontes Kacantikan, Begini Cara Juri Menentukan Juara

Gaya Hidup | okezone | Published at Minggu, 26 Desember 2021 - 14:40
Puluhan Ribu Unta Ikut Kontes Kacantikan, Begini Cara Juri Menentukan Juara

SELAMA berjam-jam, para juri mencermati seekor unta di kontes kecantikan di Uni Emirat Arab (UEA). Mereka memberi penilaian untuk bagian-bagian tubuh tertentu hewan tersebut. Kontes kecantikan ini membawa para peternak unta dari berbagai penjuru kawasan beserta unta mereka ke UEA.

Di pedalaman Uni Emirat Arab (UEA), keluarga-keluarga peternak membawa unta mereka melewati gurun-gurun pasir. Para juri turun ke gurun untuk memutuskan unta yang paling cantik.

Para peternak dari Bahrain, Kuwait, Oman, Arab Saudi dan Qatar menempuh perjalanan ke gurun di kawasan barat daya UEA baru-baru ini dengan membawa 40 ribu ekor unta tercantik mereka untuk mengikuti Festival Al Dhafra.

Lima juri pada kontes tahunan itu menegaskan bahwa kecantikan ada standarnya. Estetika unta dinilai berdasarkan kategori yang telah ditetapkan beberapa generasi silam. Hanya unta betina yang berpartisipasi karena unta jantan terlalu banyak berkelahi, kata panitia.

 

Sementara ratusan unta berbulu hitam lebat melangkah di padang rumput yang berdebu, leher dan punuk mereka berayun-ayun, kata salah seorang panitia penyelenggara, Mohammed al-Muhari menguraikan gambaran sosok unta ideal.

Leher harus panjang dan ramping, pipi lebar dan kukunya besar, kata al-Muhari kepada Associated Press . Bibir unta harus terkulai, dan unta harus berjalan tegak dengan anggun.

"Kami mulai memeriksa dari kepala kemudian leher, kesehatan tubuh secara menyeluruh, warnanya juga inilah kriteria yang dicermati para juri. Juri mengisi formulir yang memuat berbagai bagian dari tubuh unta. Tentu saja, setelah disetujui oleh komite juri, hewan itu akan menjalani pemeriksaan oleh dokter hewan. Jika ada sentuhan artifisial pada unta, hewan ini akan disisihkan oleh komite medis," katanya.

Standar yang tinggi ini telah mendorong banyak peternak untuk mencari cara, mulai dari menggunakan suntikan Botox yang terlarang untuk membesarkan bibir unta, pelemas otot untuk melembutkan wajah dan injeksi lilin silicon untuk membesarkan punuk.

Festival Al Dhafra menyediakan hadiah untuk 10 pemenang utama dalam setiap kategori yang berkisar dari $1.300 hingga $13.600.

Artikel Asli