Tips Merawat Kesehatan Kulit Wajah Selama Musim Hujan

Gaya Hidup | limapagi.id | Published at Minggu, 26 Desember 2021 - 12:00
Tips Merawat Kesehatan Kulit Wajah Selama Musim Hujan

LIMAPAGI - Bulan Desember menjadi bulan dengan curah hujan yang cukup tinggi di Indonesia. Memasuki musim penghujan biasanya udara akan menjadi lebih lembab dari musim panas.

Dengan begitu pada musim hujan penyakit dan ancaman bagi kulit kian meningkat. Tak jarang muncul beberapa masalah kulit wajah selama musim penghujan.

Untuk menghadapi beberapa masalah kulit yang menyerang sepanjang musim penghujan yang dibutuhkan hanyalah sedikit usaha dari untuk menjaga kulit kamu tetap bersinar dan sehat.

Mengutip dari Health Shots, terdapat beberapa tips perawatan kulit yang dianjurkan untuk kamu lakukan selama musim hujan. Berikut ini beberapa tips perawatan kulit wajah selama musim hujan.

1. Cuci muka setiap hari

Pori-pori kulit kamu cenderung tersumbat oleh kotoran dan polutan selama musim hujan. Dengan begitu jerawat dan ruam akan mudah muncul sepanjang musim ini.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mencuci muka dua hingga tiga kali sehari untuk mencegah masalah kulit.

2. Gunakan pelembab

Meskipun menggunakan pelembab hampir selalu dikaitkan dengan musim dingin dan musim panas, ternyata penggunaan pelembab pada musim hujan juga sama pentingnya, terlebih pada malam hari.

Hal ini dikarenakan pada malam hari adalah waktu ketika kulit mencoba memperbaiki dirinya sendiri, oleh karena itu mengoleskan pelembab membantu mencegah kerutan dan mempertahankan kilau kulit selama musim hujan.

3. Eksfoliasi kulit

Perlu diperhatikan ternyata kulit membutuhkan perawatan ekstra selama musim hujan. Salah satu perawatan yang dianjurkan adalah eksfoliasi.

Kamu dapat melakukan pengelupasan setidaknya sekali dalam setiap minggu yang bertujuan untuk membantu mengangkat sel-sel mati, sehingga membantu menjaga kulit tetap bersinar dan lembut.

4. Oleskan tabir surya

Sama halnya dengan pelembab, tabir surya adalah produk yang manfaatnya sangat terkait dengan musim panas. Meskipun di musim hujan, kamu tetap harus menggunakan tabir surya.

Selama musim hujan, meskipun sinar matahari mungkin tidak tampak keras, itu juga dapat merusak kulit. Sehingga meskipun musim hujan mengoleskan tabir surya harus menjadi sesuatu yang tidak boleh dilewatkan.

5. Makan sayur-sayuran

Perlindungan kulit tidak hanya dilakukan melalui perawatan dari luar saja. Ternyata terlalu banyak makan produk berminyak dan sampah menunjukkan tanda mereka pada kulit lebih cepat daripada nanti, oleh karena itu triknya adalah menikmati banyak sayuran hijau. Dengan begitu kulit kamu pasti akan segera menunjukkan kilaunya.

6. Minum banyak air putih

Perlu diketahui bahwa air putih memiliki banyak manfaat dan dapat merawat kulit, kesehatan, serta rambut. Minum banyak air selama musim hujan dapat merawat kulit dan membuat kulit bercahaya.



Artikel Asli