Jangan Pungut Makanan yang Jatuh di Pesawat, Penelitian Ini Ungkap Fakta Mengejutkan!

Gaya Hidup | okezone | Published at Minggu, 26 Desember 2021 - 08:01
Jangan Pungut Makanan yang Jatuh di Pesawat, Penelitian Ini Ungkap Fakta Mengejutkan!

MAKAN di pesawat sah-sah saja, bahkan untuk penerbangan jarak jauh maskapai memberikan makanan ke penumpang. Tapi, jika makanan tersebut jatuh di meja nampan atau bahkan lantai, sebaiknya Anda tidak memungutnya lagi.

Seorang pramugari bernama Linda Ferguson dalam wawancara bersama Reader's Digest memaparkan alasan terkait imbauan tak mengambil makanan yang jatuh di meja nampan pesawat.

"Meja nampan itu memang digunakan untuk segala macam hal. Bahkan selama penerbangan, saya telah banyak melihat orang tua mengganti bayi di atas meja nampan. Ataupun melihat orang meletakkan kaki mereka di atas meja nampan," kata Linda Ferguson seperti dilansir dari BestLife , Minggu (26/12/2021).

Selain tetap menyimpan makanan di dalam wadah, Anda juga harus selalu membersihkan seluruh meja baki dengan lap disinfektan, baik sebelum dan sesudah memakainya.

"Ini menjijikkan," kata pramugari Jamila Hardwick kepada Inside Edition ketika melihat kuman di atas meja nampan.

"Ketika petugas kebersihan datang, mereka tidak punya waktu untuk mengelap setiap nampan. Jadi yang paling sering dilakukan adalah mengelapnya dengan kain basah. Maka ada baiknya, agar selalu membersihkan nampan sebelum Anda meletakkan apa pun di atasnya," tambahnya.

Penelitian telah menunjukkan bahwa meja nampan adalah tempat bersarangnya kuman.

Dalam sebuah studi tahun 2015, situs informasi penerbangan bekerja sama dengan TravelMath mengumpulkan sampel permukaan benda dari lima bandara berbeda dan empat penerbangan berbeda. Sampel ini dikirim ke EMLab P&K untuk pengujian.

Hasil penelitian menunjukkan tombol flush toilet, gesper sabuk pengaman, dan meja ventilasi udara di atas kepala, meja baki mengandung jumlah kuman tertinggi. Dari keempat penerbangan, meja baki memiliki median 2.155 unit bakteri pembentuk koloni per inci persegi.

Artikel Asli