Rusia hingga Maldives, Ini Deretan Wisata Dunia yang Menarik Dikunjungi pada Bulan Januari

Gaya Hidup | journal.sociolla.com | Published at Minggu, 26 Desember 2021 - 08:20
Rusia hingga Maldives, Ini Deretan Wisata Dunia yang Menarik Dikunjungi pada Bulan Januari

Siapa nih yang sudah punya rencana traveling ke luar negeri setelah situasi pandemi mereda dan akses mulai dibuka? Well, meski aturan dan prosedur masih ketat, enggak ada salahnya kok jika dari sekarang kamu ingin mulai mempersiapkan rencana tersebut. Siapa tahu, Januari nanti rencana kamu bisa terlaksana, kan? Nah, berikut deretan tempat di dunia yang menarik dikunjungi di bulan Januari! Keep scrolling!

St. Petersburg, Rusia

Sumber: bienvenidospb.com

Januari merupakan waktu pertengahan musim dingin di Rusia. Jika kamu ingin menikmati pengalaman berada di tempat bersalju dengan bangunan megah, maka St Petersburg di Rusia menjadi destinasi yang tepat. Kamu bisa menikmati kubah emas di atas atap yang tertutup salju, sungai yang membeku, makanan dan minuman yang lezat, dan troikas (kereta kuda) yang berjalan di sepanjang jalan yang dingin.

St Petersburg sendiri berada tak jauh dari luar perbatasan Finlandia dan Estonia yang juga berdampingan dengan Sungai Neva. Kanal air yang luas membuat suasana di St Petersburg layaknya Venesia dan Amsterdam. Terlebih dengan bangunan Rococo yang klasik dan monumental khas Rusia rasanya semakin memanjakan mata.

Nah, jika tertarik dengan seni, kamu tak boleh sampai melewatkan kunjungan ke The Winter Palaca yang tengah menjadi pusat perhatian State Harmitage Museum. Kamu bisa melihat banyak koleksi seni terbaik di dunia, loh!

Lalibela, Ethiopia

Lalibela sangat terkenal dengan bangunan-bangunan gereja yang dipahat dari batu menakjubkan. Suasana kota menjadi semakin indah dan sakral di bulan Januari karena para penduduk merayakan hari Natal atau Leddet serta Ephipany atau Timkat. Kota ini menjadi salah satu tempat paling historikal di belahan benua Afrika.

Bayangkan saja, di Lalibela terdapat 11 gereja abad pertengahan di kota yang berukir ceruk batu, atapnya di permukaan tanah, dan memberi kesan bahwa mereka tidak berubah selama berabad-abad. Kamu akan menemui pendeta berjubah berjalan di antara lorong-lorong yang remang-remang.

Dari ruang bawah tanah yang tersembunyi dan gua-gua, kamu dapat mendengar suara nyanyian mereka . Kamu pun juga akan bertemu dengan b anyak peziarah yang datang untuk berdoa. Well, jika kamu menyukai wisata penuh sejarah budaya dengan suasana yang tenang, Lalibela akan sangat menarik untuk dikunjungi di bulan Januari nanti!

Jackson Hole, North America

Sumber: Food & Wine Magazine

Kamu mungkin paling jarang mendengar daerah ini. Jackson Hole merupakan sebuah lembah antara pegunungan Gros Ventre dan Teton di negara bagian Wyoming, AS, dekat dengan perbatasan Idaho. Istilah "lubang" digunakan oleh penjebak awal, atau manusia gunung, sebagai istilah untuk lembah gunung yang besar. Yup, wisata di Jackson Hole ini bisa dibilang memang cukup segmented karena lebih banyak dikunjungi oleh para pemain ski.

Jackson Hole Resort sendiri relatif terisolasi di sudut barat laut Wyoming. Di sana terdapat dua gunung Rendezvous dan Apres Vous dengan salju berlimpah. Pemain ski dan snowboarders dapat menikmati cuaca cerah di bulan Januari, dengan rata-rata hujan salju 470 in (1.200 cm).

Satu dari momen paling ditunggu yaitu ketika inversi suhu, yakni saat lembah diselimuti kabut dan pemain ski berjemur memandangi langit biru. Kamu pun bisa merasakan sensasi bermain ski dari gunung ke awan. Wah, membayangkannya saja indah banget, ya!

Patagonia, South America

Sumber: Matador Network

Dari bagian utara beralih ke paling ujung selatan Amerika menuju Patagonia yang dibagi oleh Argentina dan Chili, dengan Pegunungan Andes sebagai garis pemisahnya. Perjalanan seasonal di bulan Januari ini akan membawamu dari Chili turun ke Argentina dengan pemandangan lanskap yang indah, sunyi, dan benar-benar tak terlupakan.

Saat fajar menyingsing di Beagle Channel (selat di Kepulauan Tierra del Fuego), melalui kapal kamu bisa melihat cahaya pagi perlahan-lahan menerangi es biru elektrik dari gletser mengambang. Menyusuri selat dingin tersebut, pemandangan hutan asli yang lebat dan satwa liar yang luar biasa semakin membuat perjalananmu makin sempurna.

Ada banyak taman nasional di Patagonia yang bisa kamu kunjungi. Well, jika kamu menyukai wisata alam autentik yang masih sangat terjaga keindahannya, maka Patagonia jadi pilihan yang tepat.

Maldives, Indian Ocean

Sumber: Wiotto.com

Tenang saja, jika tak ingin terlalu jauh kamu bisa mengunjungi Maldives yang masih ada di benua Asia. Well, tempat ini memang cukup populer, namun bulan Januari jadi waktu yang tepat untuk mengunjunginya. Bukan tanpa alasan, diperkirakan langit biru cerah dan mungkin adanya sedikit hujan akan memberi suasana ideal untuk bersantai.

Selama berlibur di Maldives, kamu bisa mengunjungi pulau-pulau terpencil, dengan daya pikat khas wisata tropis. Jika kamu sosok petualang, bergabunglah dengan scuba-diving lokal dan temukan pulau-pulau taman bawah laut yang ajaib dan kaya akan biota laut yang menakjubkan.

Mudah sekali untuk kamu bisa melihat keindahan terumbu karang di sana. Duduk-duduk di atas pasir putih pinggir pantai sambil menikmati pohon-pohon kelapa bergoyang saja sudah terasa menenangkan. Mungkin inilah yang dinamakan surga dunia, ya!

Nah, dari St Peterseburg hingga Maldives, kamu paling tertarik berlibur ke mana, nih?

 

Artikel Asli