5 Kegiatan Sederhana untuk Meningkatkan Kecerdasan Bahasa Anak

Gaya Hidup | glitzmedia.co | Published at Minggu, 26 Desember 2021 - 08:01
5 Kegiatan Sederhana untuk Meningkatkan Kecerdasan Bahasa Anak

Yuk, disimak!


Kecerdasan bahasa seorang anak tidak dapat dilakukan secara langsung, tentu memerlukan tahapan dan proses. Tahapan dan proses ini tidak bisa dilakukan anak sendiri, harus dengan bantuan orang sekitar, terutama orangtua.


Orangtua memiliki peran yang cukup besar dalam tahapan pengembangan bahasa seorang anak. Merangsang kecerdasan bahasa anak dapat dilakukan sejak dini. Berikut 5 kegiatan sederhana untuk meningkatkan kecerdasan bahasa anak.


BACA BUKU

Walaupun usia dua hingga tiga tahun belum bisa membaca, namun akan lebih baik jika ia sejak dini sudah diperkenalkan dengan buku. Sediakan buku-buku yang berisi satu atau dua kalimat setiap halamannya.


Kamu dapat membacakan sedikit demi sedikit, setelah itu ajak ia untuk mengulang kata-kata yang ada di buku tersebut.


LIHAT GAMBAR

Selain buku, kamu juga bisa menyiapkan gambar-gambar menarik untuk merangsang kecerdasan bahasa anak. Secara rutin ajak anak sambil bermain tebak menebak gambar tersebut. Lakukan per tema, misalnya hari ini gambar makanan, lalu hari esoknya macam-macam gambar hewan, dan sebagainya.


MEMBACAKAN DONGENG

Mendongengkan cerita secara rutin bisa menjadi salah satu kegiatan sederhana untuk perkembangan bahasa anak. Cerita dongeng mampu merangsang anak-anak meningkatkan keterampilan berbahasa mereka. Kisah dongeng yang positif akan membuat anak-anak menjadi lebih mudah dalam menyerap tutur kata. Tabungan kosakata anak juga akan bertambah.


MENGAJAK SI KECIL NGOBROL

Mengajak ngobrol bisa jadi salah satu stimulus penting untuk meningkatkan kecerdasaan bahasa anak. Secara rutin ajaklah ia mengobrol. Tidak perlu panjang-panjang namun lakukan dengan sering. Seperti, Bagaimana harimu, Nak? atau Makan siang apa tadi di sekolah? .


Jika ia masih tidak lancar menjawabnya, kamu dapat membantunya merangkai kata-kata. Kemudian suruh ia mengulang kembali kalimat tersebut agar ia tetap ingat.


MENDENGARKAN MUSIK

Mendengarkan musik dan bernyanyi dapat menjadi dorongan untuk perkembangan bahasa untuk anak. Pilihlah lagu khusus untuk anak-anak. Akan lebih baik jika kamu ikut bernyanyi, pasti anak akan tambah senang dan ia akan mulai mengikuti bernyanyi.


Mendengarkan musik, bisa menambah kosakata anak, apalagi jika ia ikut bernyanyi juga akan mengasah ingatannya.




(Mondials Anindhita/Andiasti Ajani, foto: freepik.com/senivpetro)
Artikel Asli