5 Manfaat Minyak Kayu Putih untuk Kesehatan, Gak Cuma Buat Kerokan!

Gaya Hidup | okezone | Published at Minggu, 26 Desember 2021 - 07:00
5 Manfaat Minyak Kayu Putih untuk Kesehatan, Gak Cuma Buat Kerokan!

MINYAK kayu putih biasanya digunakan orang Indonesia untuk kerokan. Tapi, ternyata ada manfaat lain dari minyak kayu putih yang masih jarang orang tahu.

Minyak kayu putih merupakan minyak yang diekstraksi dari tumbuhan Eucalyptus globulus dan sub-spesies terkait. Minyak ini telah dipelajari secara ekstensif untuk kegunaan dan manfaatnya.

Studi menunjukkan bahwa minyak kayu putih dapat memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi. Menghirup uap minyak kayu putih juga dapat membantu mengobati asma. Tidak hanya itu, ada manfaat lainnya yang didapatkan dari minyak kayu putih.

Penasaran dengan manfaat serta cara pemakaian minyak kayu putih? Simak penjelasan selengkapnya berikut ini:

1. Merawat Luka

Minyak Kayu Putih

Aktivitas antimikroba dalam minyak kayu putih membuktikan ekstrak daun eucalyptus dapat membantu melawan patogen Staphylococcus aureus (S. aureus) dan Escherichia coli (E. coli). Kandungan antibikroba dari minyak kayu putih tersebut dapat memperkecil risiko luka infeksi yang diakibatkan kedua patogen tersebut.

2. Meredakan Nyeri Otot

Kandungan eucalyptamint yang terdapat pada minyak kayu putih dapat digunakan untuk mengobati nyeri otot dan sendi karena keseleo, radang sendi, memar, dan sakit punggung. Selain itu, minyak kayu putih memiliki respons fisiologis yang mampu menghilangkan rasa sakit pada otot.

3. Dapat mengobati batuk

Kandungan cajuput dan sineol pada minyak kayu putih mampu membantu kamu dalam meredakan batuk. Selain mempunyai senyawa yang bersifat dekongestan alami, minyak kayu putih juga mempunyai kandungan yang mampu melegakan saluran pernapasan.

Kedua kandungan tersebut mampu membantu kamu dalam mengencerkan dahak dan meredakan rasa gatal pada tenggorokan.

Artikel Asli