Loading...
Loading…
Tekanan Darah Melonjak Tinggi di Pagi Hari? Yuk, Kenali Penyebabnya...

Tekanan Darah Melonjak Tinggi di Pagi Hari? Yuk, Kenali Penyebabnya...

Gaya Hidup | herstory | Jumat, 24 Desember 2021 - 09:00

Banyak orang yang mengalami tekanan darah tinggi di pagi hari. Dokter menyebut bahwa ini disebut dengan hipertensi pagi.

Tekanan darah tinggi atau hipertensi pagi ini bisa menyebabkan penderitanya berisiko serangan jantung dan juga stroke.

Lantas, apa penyebab tekanan darah tinggi di pagi hari?

Melansir dari Medical News Today , berikut ini beberapa penyebab yang harus kamu ketahui mengapa tekanan darah tinggi di pagi hari. Yuk, simak baik-baik, ya!

Pengobatan

Beberapa orang mengonsumsi obat-obatan untuk mengontrol tekanan darahnya. Namun, hipertensi pagi yang enggak terkontrol dapat menunjukkan masalah dengan jenis atau dosis obat ini.

Hipertensi pagi mungkin disebabkan oleh dosis obat yang terlalu rendah, minum obat kerja pendek atau kerja menengah, minum obat antihipertensi tunggal.

Dalam beberapa kasus, seseorang mungkin perlu mengganti obat tekanan darah jenis lain. Namun, kamu perlu konsultasikan ke dokter terlebih dahulu, ya.

Kondisi medis tertentu

Kondisi medis tertentu juga dapat meningkatkan risiko hipertensi di pagi hari. Berikut kondisi medis yang perlu kamu waspadai:

Faktor gaya hidup

Faktor gaya hidup tertentu, seperti merokok, konsumsi alkohol berat, makan makanan tinggi garam dan lemak jenuh, enggak olahraga, dapat meningkatkan risiko hipertensi.

Nah, itulah beberapa faktor yang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi di pagi hari. Semoga bermanfaat!

Original Source

Topik Menarik