Loading...
Loading…
8 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Tubuh, Ternyata Gak Cuma Buat Masak!

8 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Tubuh, Ternyata Gak Cuma Buat Masak!

Gaya Hidup | okezone | Rabu, 22 Desember 2021 - 19:00

8 MANFAAT kunyit untuk kesehatan tubuh dapat Anda peroleh jika mengonsumsinya dengan rutin. Di Indonesia, kunyit memang biasa digunakan sebagai bumbu dapur. Namun, ternyata kunyit juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh.

Penasaran apa saja manfaat kunyit untuk kesehatan tubuh? Melansir laman Health Cleveland pada Rabu (22/12/2021), berikut adalah 8 manfaat kunyit untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

Mengurangi peradangan

(8 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Tubuh, Foto: Boldsky)

Untuk kondisi kronis di mana peradangan mulai mempengaruhi jaringan di tubuh Anda, mengonsumsi kunyit mungkin bermanfaat. Dalam satu studi pasien dengan kolitis ulserativa, mereka yang mengonsumsi 2 gram kunyit sehari bersama dengan obat resep lebih mungkin untuk tetap dalam remisi daripada mereka yang minum obat saja.

Meningkatkan memori

Uji klinis lain menunjukkan bahwa 90 miligram kunyit yang diminum dua kali sehari selama 18 bulan membantu meningkatkan kinerja memori pada orang dewasa tanpa demensia. Kunyit mungkin juga memiliki peran dalam mencegah perkembangan penyakit Alzheimer, namun dibutuhkan penelitian lebih lanjut.

Baca Juga :
Wah, Ternyata Jamu Bisa Jadi Obat Jerawat!

Mengurangi rasa sakit

(8 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Tubuh, Foto: Boldsky)

Kunyit juga memiliki akar yang dalam dalam pengobatan tradisional Tiongkok dan Ayurveda untuk mengobati radang sendi. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi ekstrak kunyit berpotensi mengurangi rasa sakit akibat osteoartritis, meskipun penelitian lebih lanjut masih diperlukan.

Melawan radikal bebas

Kunyit memiliki sifat antioksidan dan satu penelitian menunjukkan bahwa kunyit dapat melindungi tubuh Anda dari radikal bebas dengan menetralkannya. Studi lain menunjukkan bahwa efek antioksidan kunyit juga dapat merangsang aksi antioksidan lainnya.

Original Source

Topik Menarik

{