Loading...
Loading…
Pokemon Unite, MOBA Gameplay Terbaru yang Layak Dicoba!

Pokemon Unite, MOBA Gameplay Terbaru yang Layak Dicoba!

Gaya Hidup | journal.sociolla.com | Selasa, 21 Desember 2021 - 08:00

Baru-baru ini, Pokemon merilis permainan Multiplayer Online Battle Arena (MOBA), yang diberi nama Pokemon Unite. Permainan pertarungan daring multipemain tersebut dirilis pada Juli 2021. Pada awal perilisan, Pokemon Unite hanya bisa diakses melalui Nintendo Switch. Namun, sejak 22 September 2021, Pokemon Unite sudah bisa dimainkan melalui perangkat seluler Android dan iOS.

Bekerjasama dengan TiMi Studio dari Tencent, Pokemon Unite menjadi permainan MOBA pertama yang dimiliki seri permainan Pokemon. Lantas, apa saja sih yang menjadi alasan Pokemon Unite layak coba? Berikut poin-poinnya.

Durasi gameplay singkat

Fakta Pokemon Unite

Durasi permainan yang singkat menjadi salah satu kelebihan Pokemon Unite. Dalam setiap permainan, Pokemon Unite punya durasi bermain yang tetap. Untuk mode standard dan ranked memiliki durasi bermain 10 menit, dan 5 menit untuk mode cepat. Artinya, ketika waktu habis, maka permainan pun berakhir.

Hal ini berbeda dengan beberapa MOBA gameplay lain, seperti Mobile Legends Bang Bang yang tidak memiliki durasi pertandingan yang pasti. Melainkan, durasi pertandingan ditentukan oleh kehancuran base salah satu tim. Nah, dengan durasi yang singkat, Pokemon Unite layak banget dicoba! Apalagi bagi kamu yang sibuk dan tidak suka berlama-lama untuk bermain game.

Karakter yang berevolusi

Fakta Pokemon Unite

Untuk menambah keseruan bermain, pihak pengembang pun menerapkan sistem evolusi untuk setiap Pokemon. Saat pertandingan baru dimulai, semua pemain berada pada level kekuatan yang sama. Beberapa Pokemon pun memiliki evolusi bentuk, lho. Penerapan sistem evolusi ini bertujuan agar permain dapat merasakan menjadi seorang Poke Trainer.

Sebagai gambaran evolusi, ketika pemain memilih Pokemon Venusaur, karakternya tidak akan langsung menjadi Venusaur pada awal permainan. Pokemon ini akan menjadi Bulbasaur pada level 1, kemudian berubah menjadi Ivysaur di level 4, dan menjadi Venusaur pada level 9.

Pada tahap evolusinya, bukan hanya kekuatan, Venusaur juga mengalami evolusi bentuk. Hal ini juga terjadi pada beberapa Pokemon lainnya, seperti Charizard, Gengar, Oldegos, Machomp, dan masih banyak lagi.

Cocok untuk pemula

Fakta Pokemon Unite

Bagi sebagian orang, MOBA merupakan permainan yang sulit. Sebut saja Mobile Legends, Wildrift, hingga Dota yang cukup sulit bagi pemula yang ingin mengenal MOBA. Namun, untuk kamu pemula yang baru ingin memulai, Pokemon Unite ini terbilang MOBA yang ramah pemula karena mengusung genre MOBA dengan plot yang berbeda.

Pasalnya, alur permainan ini bukanlah membunuh untuk menang. Pada saat bermain, setiap pemain disarankan untuk mengumpulkan Poke Ball untuk disetor ke Scoring Area yang berbentuk seperti ring basket. Berbeda dengan MOBA lain yang memiliki karakter-karakter yang ganas, Pokemon Unite justru menampilkan visualisasi karakter yang imut. Desain visual yang imut ini justru memberikan pengalaman berbeda bagi pemain.

--------------------------------------- SPLIT PAGE ---------------------------------------

Kemenangan ditentukan oleh poin terbanyak

Fakta Pokemon Unite

Kebanyakan MOBA gameplay menentukan kemenangan berdasarkan kehancuran base lawan, namun tidak dengan Pokemon Unite. Pada permainan ini, kemenangan ditentukan berdasarkan skor tertinggi dari kedua tim. Skor tim dapat diraih berdasarkan poin yang didapat dari Poke Ball yang dimasukkan ke Scoring Area lawan.

Setiap ring Scoring Area memiliki maksimum poin, mulai dari 80, 100, dan tak terbatas. Poin 80 berada pada ring terdepan, 100 ring tengah, dan tak terbatas pada ring utama atau base. Untuk mengumpulkan Poke Ball, pemain bisa mendapatkanya dengan cara membunuh monster hutan atau Pokemon lawan. Kegiatan ini biasanya disebut dengan farming.

Memungkinkan cross-play

Fakta Pokemon Unite

Telah disebutkan bahwa Pokemon Unite dapat dimainkan melalui perangkat Nintendo Switch serta mobile Android dan iOS. Meskipun berbeda perangkat, Pokemon Unite memungkinkan para pemain untuk memanfaatkan fitur cross-play . Fitur ini mengizinkanmu untuk bermain bersama teman atau orang lain yang menggunakan konsol berbeda. Misal, kamu bermain melalui mobile smartphone dan temanmu dari Switch, begitu pun dengan sebaliknya.

Itulah daftar alasan permianan Pokemon Unite layak untuk dicoba. Untuk memainkannya, kamu bisa mengunduhnya melalui App Store, Play Store, atau pun eShop. Selamat mencoba!

Original Source

Topik Menarik