Loading...
Loading…
Cara Jitu Kelola Stres Saat Mengasuh Anak ala Mona Ratuliu, Moms Wajib Banget Tahu!

Cara Jitu Kelola Stres Saat Mengasuh Anak ala Mona Ratuliu, Moms Wajib Banget Tahu!

Gaya Hidup | herstory | Jumat, 10 Desember 2021 - 17:15

Celebrity Moms sekaligus aktris dan founder ParenThink, Mona Ratuliu , punya cara jitu untuk mengelola stress dalam hal mengasuh anak.

Dikatakan istri dari Indra Brasco ini, hal pertama yang harus dilakukan adalah membangun komunikasi yang baik dan terbuka dengan anak dan pasangan.

Cara untuk mengelola stress pertama adalah kita harus bangun komunikasi yang positif dulu nih dengan anak dan pasangan. Seorang Moms akan sangat bisa mengurangi stresnya kalau berhasil komunikasi dengan pasangan untuk sama-sama mengasuh dan mendidik anak-anak, jadi bebannya juga semakin berkurang. Para Dads juga harus berkontribusi ya untuk mengasuh dan mendidik anak-anak. Kalau begini, stress ibu juga akan drop atau akan semakin sedikit, papar Mona, saat sesi webinar, sebagaimana dipantau HerStory , beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut, Mona pun menyarankan, untuk orang tua atau Moms yang masih produktif bekerja, ada baiknya gak pernah membawa stres pekerjaan ke rumah. Sebabnya, hal itu dapat memengaruhi suasana di rumah.

Kedua, untuk para Moms bekerja, saya sarannya jangan bawa stress atau tekanan di tempat kerja ke rumah. Kasian kan suami dan anak-anak. Kalau bisa kita pisahkan yang mana permasalahan kantor, mana permasalahan di rumah. Kalau jam kerja selesai juga ditutup juga lah ya stress-stressnya, kita harus membagi energi kita untuk di rumah. Energi untuk menyayangi anak-anak, memperhatikan suami, mengurus rumah tangga, paparnya.

Baca Juga :
Parenting Unik Mona Ratuliu dan Indra Brasco saat Anak Meminta Sesuatu

Kemudian, tips mengelola stress yang ketiga ala Mona adalah me time. Mona bilang, apapun kegiatannya, yang terpenting adalah membuat diri bahagia setelah melakukan kegiatan tersebut.

Selain mengistirahatkan badan, kata Mona, mental juga perlu untuk di istirahatkan. Jadi tidak hanya tidur cukup selama 8 jam, sebagai orang tua, me time juga sangat perlu.

Ketiga, adalah me tim e. Ini penting sekali, kita perlu cukup istirahat untuk mengelola emosi. Tapi perlu tahu juga bahwa istirahat itu bukan cuma fisik aja, tapi perlu juga secara mental. Nah ini kita perlu support system , misal bilang ke suami bahwa kita juga butuh waktu istirahat. Sederhanya kayak nonton drakor lah, masak, menyulam, baca buku, dll. Kita cari waktu yang bisa bikin kita senang di rumah intinya. Dengan demikian mengasuh anak menjadi lebih nyaman, aman dan less worry, tutur Mona.

Baca Juga :
Mona Ratuliu Sambut Gembira Kehadiran Vaksin Covid-19

Dikatakan Mona, metime bukanlah persoalan yang egois, Moms . Karena jika diri sendiri gak bahagia, bagaimana bisa membahagiakan orang lain.

Karena itulah, yuk mulai tentukan prioritas dengan baik agar hati juga bisa beristirahat, tuntas Mona.

Semoga informasinya bermanfaat ya, Moms !

Original Source

Topik Menarik

{