Wajib Tahu! Ampas Kopi Bisa Dimanfaatkan Menjadi Hal Menakjubkan

Gaya Hidup | koran-jakarta.com | Published at Kamis, 09 Desember 2021 - 17:30
Wajib Tahu! Ampas Kopi Bisa Dimanfaatkan Menjadi Hal Menakjubkan

Bahan yang sering kali ditinggalkan saat minum kopi adalah ampas kopi . Bahan tersebut ditinggalkan karena tidak memiliki manfaat. Tapi tahu tidak sih ternyata ada banyak manfaat dalam ampas kopi yang bisa dimanfaatkan untuk kegiatan sehari-hari.

Berikut manfaat ampas kopi yang bisa memiliki nilai lebih:

Membuat Motif Pada Kertas

Buat Anda yang hobi berkesenian, ampas kopi bisa Anda jadikan salah satu bahan untuk mengolah kreativitas Anda. Pasalnya, ampas kopi bisa Anda manfaatkan untuk membuat motif pada kertas polos. Caranya, celupkan selembar kertas ke dalam campuran ampas kopi dan air, diamkan selama beberapa menit lalu angkat dan keringkan.

Menutupi Goresan Pada Furnitur Kayu

Campurkan air hangat, cuka, dan ampas kopi. Lalu gosokkan campuran tersebut di atas permukaan furnitur yang memiliki goresan. Cara ini bisa membuat furnitur terlihat baru kembali.

Menghilangkan Bau Tidak Sedap di Kulkas

Mirip dengan baking soda, ampas kopi juga bisa berfungsi sebagai deodorizer yang bisa mengusir bau-bau tidak sedap. Letakkan mangkuk yang berisi ampas kopi di dalam kulkas untuk menghilangkan bau tidak sedap di kulkas Anda.

Membersihkan Peralatan Makan

Seperti dilansir dalam laman www.thisoldhouse.com, tekstur ampas kopi yang kasar bisa Anda gunakan sebagai bahan alternatif untuk membersihkan noda atau kotoran di peralatan makanan yang sulit dibersihkan.

Mengusir Hama dan Menyuburkan Tanah

Bau khas dari ampas kopi memiliki manfaat untuk mengusir hama-hama yang merusak tanaman di kebun Anda. Taburkan ampas kopi mengelilingi tanaman Anda agar tanaman Anda terlindung dari gangguan hama.

Selain itu, ampas kopi yang kaya akan nitrogen juga bisa Anda olah menjadi pupuk kompos untuk menyuburkan tanah di kebun Anda. Tapi ampas kopi yang bisa digunakan bukanlah ampas kopi yang baru melainkan ampas kopi yang sudah lama dan terurai. Untuk membuat pupuk kompos, campurkan dedaunan, rumput segar, dan ampas kopi dengan rasio perbandingan yang sama.

Nah, dengan begitu banyaknya manfaat dari ampas kopi ini, tentu akan sayang jika Anda membuangnya begitu saja kan, Ladies? Semoga bermanfaat.

Artikel Asli