Loading...
Loading…
10 Minuman yang Baik untuk Penderita Diabetes, Tak Hanya Air Putih ya Moms

10 Minuman yang Baik untuk Penderita Diabetes, Tak Hanya Air Putih ya Moms

Gaya Hidup | herstory | Kamis, 09 Desember 2021 - 14:24

Tak hanya menghindari beberapa jenis makanan, penderita diabetes juga disarankan tidak sembarangan mengonsumsi minuman. Meski begitu, penderita diabetes masih bisa mengonsumsi beberapa jenis minuman seperti orang sehat pada umumnya.

Bedanya, takaran bahan harus disesuaikan dengan penderita diabetes agar gula darah dalam tubuh nggak meningkat, ya Moms. Berikut ini 10 minuman yang baik untuk penderita diabetes yang telah Herstory rangkum, yaitu:

1. Air putih

Air putih menjadi pilihan terbaik bagi penderita diabetes. Hal ini karena air putih tidak menaikkan kadar gula darah. Dilansir dari Healthline (09/12/2021), minum air putih bisa membantu tubuh menghilangkan kelebihan glukosa melalui urin.

2. Teh

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa teh hijau memiliki efek positif untuk kesehatan. Teh hijau diketahui mampu membantu mengurangi tekanan darah dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL).

Beberapa penelitian bahkan menunjukkan kalau minum teh hijau hingga 1,42 liter atau setara dengan 6 cangkir dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2. Tapi, diperlukan lebih banyak lagi penelitian untuk memastikan hal ini, ya. Yang pasti, kalau kamu ingin mengonsumsi teh hijau, teh hitam, atau teh herbal, pastikan menghindari penggunaan gula.

3. Kopi

Ternyata, kopi juga aman untuk para diabetesi, nih Moms. Bahkan kopi digadang-gadang bisa mencegah diabetes melitus , lho. Kopi yang aman bagi penderita diabetes adalah kopi hitam tanpa tambahan lainnya. Kalau kamu menambahkan susu, krim, atau gula ke dalamnya, maka bisa meningkatkan jumlah kalori secara keseluruhan dan hal ini berdampak pada kadar gula darah.

4. Jus buah

Jus buah yang dibuat dari 100 persen buah murni aman kok Moms dikonsumsi penderia diabetes. Diabetesi bisa minum sebanyak 113-117 gram jus buah per satu porsi. Nah, jus buah ini bisa diminum kapan saja selama jumlahnya nggak melebihi karbohidrat harian, ya Moms.

5. Jus sayur

Mungkin jus sayur masih menjadi hal yang tak banyak orang tahu, ya Moms. Jus sayur diduga lebih baik ketimbang jus buah. Hal ini karena rata-rata jus buah mengandung gula yang bisa berbahaya bagi penderita diabetes.

Nah, cobalah membuat jus sayur dengan mencampur sayuran berdaun hijau, seledri, atau mentimun dengan segenggam beri untuk supali vitamin dan mineral.

6. Air kelapa

Berikutnya yaitu air kelapa. Minuman ini aman dikonsumsi penderita diabetes karena kandungan kalori di dalamnya sangat rendah. Selain itu, air kepa juga mengandung potasium, asam amino, dan vitamin B.

7. Susu rendah lemak

Susu memang mengandung banyak nutrisi yang enting untuk tubuh. Tapi susu juga tersusun dari karbohidarat yang memengaruhi kadar gula dalam darah. Nah, untuk para diabetesi pilihlah susu tanpa pemanis, susu rendah lemak, atau susu skim. Meskipun boleh minum susu, kamu tetap harus membatasinya hanya satu gelas sehari.

8. Susu kedelai

Susu kedelai adalah salah satu susu nabati yang memiliki banyak nutrisi, lho Moms. Salah satu keunggulan susu ini adalah mengandung lebih sedikit kalori dibanding susu sapi. Karena itu, susu ini aman dikonsumsi penderita diabetes.

9. Susu almon

Belakangan ini, susu almon sedang naik daun karena dianggap punya banyak manfaat untuk tubuh. Susu ini menjadi salah satu susu nabati yang rendah kalori. Jadi, minuman ini juga cocok untuk penderita diabetes, ya Moms.

10. Cokelat panas

Memang boleh ya punya penyakit diabetes minum cokelat panas? Boleh kok Moms, asal tidak berlebihan, ya. Cokelat panas ini bisa menjadi pilihan minuman untuk penderita diabetes. Umumnya, satu gelas cokelat panas dibuat dari 60 gram susu rendah lemak. Nah khusus penderita diabetes bisa membuat cokelat panas dengan susu rendah lemak, cokelat hitam, vanila, atausedikit kayu manis, ya.

Original Source

Topik Menarik