Viral! Bermunculan Harta Karun Majapahit di Dalam Gua Akar Pohon Raksasa

Gaya Hidup | inewsid | Published at Rabu, 08 Desember 2021 - 21:40
Viral! Bermunculan Harta Karun Majapahit di Dalam Gua Akar Pohon Raksasa

JAKARTA, iNews.id - Ada banyak peninggalan sejarah zaman kerajaan yang menarik untuk dikunjungi. Mulai bangunan candi, arca, hingga makam kuno.

Bahkan, beberapa peninggalan sejarah baru ditemukan di berbagai daerah. Unik dan menarik, membuat siapa saja penasaran.

Kali ini yang terbaru adalah ditemukannya harta karun Majapahit di dalam gua pohon. Tepatnya di daerah Dusun Sumbersari, Desa Sukosari, Kecamatan Jogoroto, Kabupaten Jombang, Jawa timur.

Lantas, seperti apa penampakan harta karun peninggalan zaman kerajaan Majapahit? Berikut ulasannya dirangkum melalui YouTube Kuno Brono, Rabu (8/12/2021).

Dalam video di YouTube Channelnya, Kuno Brono kembali memperlihatkan penemuannya terkait peninggalan bersejarah. Harta tersebut berada di tengah-tengah ladang jagung. Terdapat bangunan yang diduga dulunya adalah candi peninggalan kerajaan Majapahit.

"Terdapat potongan batu arca dan juga ada batu lingga cuma sudah terpotong. Ini ada di dalam gua akar," kata Kuno Brono sambil memperlihatkan bagian dalam pohon beringin yang sangat besar itu.

Pohon yang terlihat seperti gua ini terbuat dari akar-akar pepohonan beringin. Bukan hanya bebatuan, di sini juga terlihat adanya pohon beringin besar serta sumur kuno yang dulunya diduga sebagai pemandian para putri.

"Sumur kuno ini konon digunakan untuk pemandian putri-putri. Airnya jernih sekali," kata dia.


Meski berada di tengah-tengah ladang, dan memiliki pemandangan yang asri, sayangnya di sekitar situs ini terlihat ada banyak limbah yang menimbulkan bau yang tidak sedap.

Berdasarkan pengakuan salah seorang juru pelihara di situs ini, pernah ditemukan bangunan candi di bawah pohon ini. "Dulu pernah kugali, ada tatanan batunya masih utuh membentuk seperti candi," kata juru pelihara di sini.

Sayangnya belum ada pergerakan dari pihak pemerintah untuk mengekskavasi situs yang satu ini.

Artikel Asli