Banjir Keringat Ternyata Bukan Pertanda Kalori yang Terbakar, Melainkan...

Gaya Hidup | herstory | Published at Rabu, 08 Desember 2021 - 21:05
Banjir Keringat Ternyata Bukan Pertanda Kalori yang Terbakar, Melainkan...

Semakin banyak keringat pertanda semakin banyak pula kalori yang terbakar. Padahal anggapan ini justru keliru. Tubuh yang berkeringat merupakan tanda bahwa tubuh sedang panas dan membutuhkan pendinginan.

Seperti dikutip dari laman sindikasi GenPi.co (08/12/2021),Thad E. Wilson dari Departemen Fisiologi University of Kentucky College of Medicine, proses berkeringat ternyata hanya membuat sinyal tubuh telak lakukan pendinginan.

"Berkeringat cara kita mendinginkan tubuh selama berolahraga atau stres lainnya," kata Wilson.

Keringat bagi ahli kesehatan tersebut ternyata tak akan mempengaruhi seberapa banyak kalori yang terbakar. Butuh lebih banyak energi untuk secara fisik mengangkat ion yang memungkinkan keluar saat ada keringat.

Seorang spesialis olahraga, Gabbi Berkow, menyampaikan bahwa keringat hanyalah tanda tubuh sudah kehilangan air, bukan lemak.

"Itu tidak berarti Anda berolahraga dengan baik, membakar kalori atau membangun kekuatan ini hanya berarti suhu tubuh Anda tidak naik sebanyak itu," kata Berkow.

Umumnya, aktivitas fisik memang membakar kalori, semakin besar Beauty gunakan kelompok otot, maka semakin banyak kalori digunakan dan juga makin banyak keringat keluar.

Pembakaran kalori baru bisa dilihat ketika manusia tengah melakukan beberapa aktivitas olahraga seperti aerobik dan angkat beban.

Dengan begitu, Beauty dianjurkan untuk lebih memperhatikan detak jantung ketimbang keringat untuk tahu seberapa efektif olahraga Anda. Apalagi dampaknya untuk kesehatan tubuh nantinya.

Artikel Asli