Peneliti Temukan Pemicu Terjadinya Penggumpalan Darah Akibat Vaksin AstraZeneca

Gaya Hidup | yesdok.com | Published at Sabtu, 04 Desember 2021 - 04:15
Peneliti Temukan Pemicu Terjadinya Penggumpalan Darah Akibat Vaksin AstraZeneca

Para ilmuwan percaya bahwa mereka telah menemukan "pemicu" yang menyebabkan pembekuan darah yang sangat langka setelah melakukan vaksinasi menggunakan AstraZeneca.

Tim di Cardiff dan Amerika Serikat telah menunjukkan dengan sangat rinci bagaimana protein dalam darah tertarik ke komponen kunci vaksin.

Mereka pikir ini memicu reaksi berantai, yang melibatkan sistem kekebalan tubuh, yang dapat berujung pada pembekuan berbahaya.

Ilmuwan AstraZeneca sendiri juga bergabung dengan proyek penelitian setelah hasil sebelumnya dari tim dipublikasikan.

Seorang juru bicara AstraZeneca menekankan bahwa gumpalan darah lebih mungkin terjadi karena infeksi COVID-19 daripada vaksin, dan penjelasan lengkap mengapa itu terjadi belum ditetapkan.

"Meskipun penelitian ini tidak pasti, penelitian ini menawarkan wawasan yang menarik dan AstraZeneca sedang mencari cara untuk memanfaatkan temuan ini sebagai bagian dari upaya kami untuk menghilangkan efek samping yang sangat langka ini," ujar juru bicara AstraZeneca tersebut.

Ada dua petunjuk awal bagi para peneliti yang menyelidiki pembekuan darah langka:

Vaksin yang digunakan di Inggris semuanya mencoba mengirimkan potongan kode genetik virus Covid ke dalam tubuh untuk melatih sistem kekebalan tubuh.

Para peneliti berpikir adenovirus mungkin terkait dengan pembekuan langka yang terjadi pada beberapa orang. Jadi mereka menggunakan teknik yang disebut mikroskop cryo-electron untuk mengambil gambar adenovirus secara detail di tingkat molekuler.

Studi mereka yang diterbitkan dalam jurnal Science Advances, mengungkapkan permukaan luar adenovirus menarik protein faktor empat trombosit ke dalamnya seperti magnet.

Prof Alan Parker, salah satu peneliti di Universitas Cardiff, mengatakan, "Adenovirus memiliki permukaan yang sangat negatif, dan faktor empat trombosit sangat positif dan kedua hal itu sangat cocok."

Dia menambahkan: "Kami telah dapat membuktikan hubungan antara senjata utama adenovirus dan faktor trombosit empat.

"Apa yang kita miliki adalah pemicunya, tetapi ada banyak langkah yang harus dilakukan selanjutnya."

Para peneliti berpikir tahap selanjutnya adalah "kekebalan yang salah tempat", tetapi ini perlu dikonfirmasi dalam penelitian lebih lanjut.

Artikel Asli