Sepak Bola untuk Wanita? Why Not! Simak 5 Manfaatnya Sekarang Juga Beauty!

Gaya Hidup | herstory | Published at Minggu, 05 Desember 2021 - 03:55
Sepak Bola untuk Wanita? Why Not! Simak 5 Manfaatnya Sekarang Juga Beauty!

Olahraga sepak bola sangat identik dengan pria, namun bukan berarti wanita tak bisa untuk memainkannya dengan baik. Justru olahraga yang satu ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan wanita , lho .

Bukan cuma kesehatan fisik, olahraga menggiring bola sambil berlari ini juga memberikan dampak baik bagi kesehatan mental .

Menurut sebuah penelitian di Denmark tahun 2010 mengungkapkan, wanita yang rutin selama 14 minggu berolahraga sepak bola bisa meningkatkan kebugaran kardio sebesar 15 persen.

Bahkan jenis interval lari pada sepak bola sebenarnya lebih baik bagi kesehatan jantung karena ringan daripada jogging .

Seperti dilansir dari laman sindikasi Akurat.co (03/12/2021), berikut 5 manfaat sepak bola bagi wanita, enggak usah diragukan lagi!

1. Meningkatkan kepadatan tulang

Rata-rata, setelah usia 40 tahun, wanita kehilangan massa tulang dengan laju 0,5 hingga 1 persen per tahun. Dalam studi terkontrol, sepak bola meningkatkan kepadatan mineral tulang wanita rata-rata dua hingga tiga persen; keuntungan dari sepak bola ini berarti menjaga tulang dari penuaan hingga tiga sampai enam tahun.

2. Menghilangkan lemak tubuh bagian bawah

Olahraga ini menyebabkan wanita kehilangan lebih banyak lemak tubuh daripada pelari karena sepak bola melibatkan serat otot yang bergerak lambat dan cepat.

Pergantian terus-menerus antara keduanya selama pertandingan menyebabkan peningkatan pembakaran lemak.

3. Peningkatan koordinasi

Koordinasi tubuh ditingkatkan melalui gerakan kompleks seperti menggiring bola, berputar dan mengoper, yang dilakukan pada berbagai tingkat kecepatan dan arah.

Koordinasi tangan-mata ditingkatkan ketika pemain menendang bola atau menerima umpan dari seseorang.

4. Peningkatan fungsi otak kognitif

Sepak bola membantu meningkatkan keterampilan dalam konsentrasi, ketekunan dan disiplin diri karena itu adalah permainan cepat yang membutuhkan keputusan cepat di lapangan.

5. Manfaat sepak bola untuk kesehatan mental

Selain membangun kekuatan fisik, bermain sepak bola juga dapat membantu mengembangkan kesehatan mental yang baik. Diyakini bahwa beberapa aktivitas fisik dapat memicu reaksi kimia positif dalam tubuh, yang berkontribusi pada perasaan yang baik.

Olahraga juga bisa menjadi pelampiasan stres yang sedang dialami.

Selain itu, fokus pada permainan baik secara taktis dan fisik memaksa pikiran untuk mengalihkan perhatiannya dari stres sehari-hari. Olahraga ini juga bisa menguatkan mentalmu.

Gimana, tertarik untuk mencobanya, Beauty?

Artikel Asli