Jatah Bulanan Cepat Habis? Simak Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Biar Lebih Hemat

Gaya Hidup | herstory | Published at Jumat, 03 Desember 2021 - 20:25
Jatah Bulanan Cepat Habis? Simak Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Biar Lebih Hemat

Setelah berumah tangga, kebutuhan hidup semakin bertambah mulai biaya untuk makan, listrik, air, cicilan rumah, hingga biaya pendidikan anak.

Namun, pernahkah kamu merasakan jatah bulanan sudah habis sebelum waktunya? Jika iya, mungkin ada yang salah dengan cara kamu mengelola keuangan rumah tangga.

Agar budget dan jatah bulananmu gak habis sebelum waktunya, yuk intip tipsnya berikut ini.

Buatlah perincian keuangan

Kamu bisa membuat rencana pengeluaran bulanan, mulai belanja kebutuhan pokok, membayar tagihan dan cicilan, tabungan masa depan, hingga biaya pendidikan anak. Sama halnya seperti pembukuan, dalam perincian ini masukkan juga pendapatan serta pengeluaran setiap harinya.

Merencanakan belanja bulanan dengan matang

Rencanakan apa yang ingin dibeli sesuai dengan kebutuhan, hindari pemborosan untuk mengikuti keinginan, padahal keinginan tersebut gak penting dan mendesak.

Belanjakanlah uang sesuai dengan rencana yang telah disusun dan jangan menggunakan uang melebihi anggaran tersebut.

Menghemat penggunaan listrik dan air

Usahakan untuk menghemat listrik dengan cara mematikan aliran listrik yang gak terpakai dan pilihlah alat elektronik dengan watt yang rendah. Jangan terus-menerus menyalakan mesin air, tetapkanlah waktunya seperti pagi, siang, atau malam sebelum tidur. Penuhi bak dan tempat tampungan air agar lebih hemat.

Kurangi makan di luar

Makan di luar bersama keluarga atau teman memang dibutuhkan untuk mempererat hubungan, meski begitu usahakan jangan terlalu sering. Lebih baik habiskan waktu bersama keluarga dan teman dengan memasak, jadi kamu gak perlu keluar banyak biaya.

Jangan tergiur belanja online

Salah satu sumber pemborosan adalah tergiur belanja online. Fitur kemudahan pembayaran membuat pelaku belanja online cenderung menggampangkan soal keuangan hingga tanpa sadar sudah banyak uang yang dikeluarkan.

Artikel Asli