Bisa Sebabkan Keguguran, Ini 5 Bahaya Lain yang Mengintai Wanita jika Terlalu Sering Minum Kopi

Gaya Hidup | herstory | Published at Jumat, 03 Desember 2021 - 14:50
Bisa Sebabkan Keguguran, Ini 5 Bahaya Lain yang Mengintai Wanita jika Terlalu Sering Minum Kopi

Kopi memang menjadi minuman yang menjadi kesukaan banyak orang. Baik itu pria maupun wanita sering kali menjadikan kopi sebagai minuman mereka seharian.

Namun, bagi wanita ternyata terdapat efek samping yang disebabkan oleh minum kopi lho.

Yuk, simak bahaya yang diakibatkan dari mengonsumsi kopi bagi wanita, dilansir dari berbagai sumber, Jumat (3/12/2021).

1. Tulang Keropos

Salah satu efek minum kopi bagi wanita adalah tulang yang lebih rapuh. Zat kafein dalam kopi dapat memengaruhi kesehatan tulang dengan cara menurunkan penyerapan kalsium di dalam tubuh.

Jika kamu mengonsumsi kopi bersamaan dengan susu, kalsium pun tak akan diserap dengan sempurna oleh tulang. Akhirnya, tulang akan menjadi lebih keropos.

2. Gangguan Cemas dan Panik

Salah satu efek kopi bagi wanita adalah dapat mencetuskan rasa cemas dan panik. Peningkatan frekuensi denyut nadi dapat terjadi setelah seseorang minum kopi, sehingga dapat mencetuskan rasa panik.

3. Gangguan Kognitif

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa wanita yang minum lebih dari tiga cangkir kopi per hari akan mengalami penurunan kognitif secara signifikan. Selain itu, juga bisa mengalami kesulitan untuk fokus.

4. Gangguan Kesuburan

Beberapa masalah seperti gangguan tuba falopi dan endometriosis dapat terjadi pada mereka yang mengonsumsi kopi berlebihan.

Endometriosis adalah penyakit yang ditandai dengan tumbuhnya jaringan dari lapisan dalam dinding rahim di bagian luar rongga rahim. Hal ini dapat memengaruhi kesuburan seorang wanita.

5. Keguguran

Konsumsi kafein sebanyak 200 mg (kurang lebih dua cangkir kopi) pada ibu hamil dapat meningkatkan risiko keguguran hingga dua lipat.

Tak hanya itu, mengonsumsi kafein dalam kopi secara berlebihan selama kehamilan dapat menyebabkan bayi lahir dengan berat lahir yang rendah.

Itulah beberapa efek samping yang diakibatkan oleh minum kopi.

Artikel Asli