Tips Menjaga Kesehatan Tubuh di kala Cuaca Ekstrem

Gaya Hidup | koran-jakarta.com | Published at Senin, 29 November 2021 - 18:00
Tips Menjaga Kesehatan Tubuh di kala Cuaca Ekstrem

Memasuki musim hujan saat ini juga disertai angin kencang sehingga membuat kondisi tubuh mudah terkena penyakit. Aktivitas sehari-hari dengan cuaca tak menentu menyebabkan berbagai macam penyakit, seperti flu, batuk, demam, dan sebagainya. Maka dari itu, Anda harus rajin-rajin menjaga kesehatan Anda agar kondisi tetap fit.

Berikut adalah tips-tips untuk tetap fit dalam menghadapi cuaca ekstrim:

Olahraga Teratur Selama Cuaca Ekstrim

Ketika Anda berolahraga, peredaran darah akan menjadi lebih lancar sehingga sel darah putih pun dapat tersebar menjangkau ke semua bagian tubuh. Olahraga juga membuat suhu tubuh Anda meningkat.Suhu panas menurunkan tingkat pertumbuhan bakteri-bakteri yang mengancam kesehatan tubuh.

Konsumsi Makanan yang Bermutu

Usahakan untuk memperbanyak konsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan karena mengandung banyak vitamin dan mineral yang sudah pasti berguna untuk tubuh Anda. Makanan yang perlu dikurangi atai dihindari adalah makanan yang banyak mengandung minyak dan santan.

Istirahat yang Cukup

Kurang tidur akan menurunkan kadar sel T dan sel imun lain yang ada di tubuh Anda. Waktu terbaik tubuh untuk melawan berbagai macam penyakit adalah ketika tidur. Selain mempunyai sel T yang normal, tidur yang cukup dapat meningkatkan protein khusus (sitokin) yang membantu meningkatkan kekebalan dan daya tahan tubuh.

Hindari Kebiasaan Buruk

Hal lain yang bisa Anda lakukan ketika cuaca sedang tidak bersahabat adalah dengan tidak melakukan hal-hal yang membahayakan tubuh. Kurangilah kebiasaan buruk seperti merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol agar membantu Anda hidup lebih sehat.

Sesuaikan Pakaian

Gunakan jenis pakaian yang sekiranya bisa membantu anda menjaga kehangatan tubuh. Jangan gunakan pakaian tipis di musim hujan agar tidak masuk angin dan bisa merembet kepada penyakit lainnya.

Artikel Asli