Benarkah Minum Kopi Mampu Menurunkan Risiko Demensia?

Gaya Hidup | yesdok.com | Published at Sabtu, 27 November 2021 - 07:10
Benarkah Minum Kopi Mampu Menurunkan Risiko Demensia?

Anda gemar minum kopi atau teh setiap hari? Jika iya, ini adalah kabar baik bagi Anda. Studi tersebut melihat hubungan kopi dan teh dengan risiko demensia dan stroke, menemukan bahwa ada sejumlah cangkir per hari yang memiliki hubungan terbesar dengan penurunan risiko.

Studi yang dipublikasikan di PLOS Medicine pada 16 November ini menganalisis data dari 365.682 orang berusia 50 tahun hingga 74 tahun yang berpartisipasi dalam UK Biobank. Kesehatan para peserta, bersama dengan kebiasaan minum kopi dan teh mereka, diikuti selama 10-14 tahun.

Selama masa studi, 5.079 peserta mengalami demensia dan 10.053 peserta mengalami setidaknya satu kali stroke. Para peneliti membandingkan orang yang tidak minum kopi atau teh dengan mereka yang minum minuman tersebut secara teratur dan menemukan bahwa mereka yang menyukai minuman yang diseduh memiliki risiko stroke dan demensia yang lebih rendah daripada yang tidak meminumnya.

Secara khusus, mereka yang minum dua hingga tiga cangkir kopi sehari atau tiga hingga lima cangkir teh sehari memiliki risiko demensia dan stroke yang lebih rendah. Mereka yang minum dua hingga tiga cangkir kopi sehari dan dua hingga tiga cangkir teh sehari jadi, dalam kombinasi, empat hingga enam cangkir kopi dan teh sehari memiliki hasil terbaik, dengan risiko stroke 32% lebih rendah dan 28% lebih rendah risiko demensia.

"Kami menemukan bahwa minum kopi dan teh secara terpisah atau dalam kombinasi dikaitkan dengan risiko stroke dan demensia yang lebih rendah," tulis para peneliti dalam kesimpulannya.

Penting untuk menunjukkan bahwa penelitian ini hanya menemukan hubungan, bukan sebab akibat. Artinya, para peneliti tidak menemukan bahwa minum kopi atau teh secara teratur benar-benar menurunkan risiko demensia dan stroke seseorang, kata seorang geriatrician dari California, Soctt Kaiser.

Dan ini bukan studi pertama yang menemukan hubungan positif antara kopi, khususnya, dan kesehatan. Satu studi terhadap lebih dari 468.000 orang yang dipresentasikan di European Society of Cardiology pada bulan Agustus menemukan bahwa minum hingga tiga cangkir kopi sehari dikaitkan dengan risiko stroke dan penyakit jantung yang lebih rendah. Sebuah meta-analisis data dari 34.282 orang yang diterbitkan dalam jurnal Clinical Nutrition pada tahun 2016 juga menemukan bahwa minum satu atau dua cangkir kopi sehari dikaitkan dengan penurunan risiko demensia.

Sementara kafein tentu merupakan penyebut umum utama, kopi dan teh keduanya berasal dari tanaman dengan banyak, banyak senyawa kimia yang berpotensi bermanfaat, termasuk antioksidan kuat.

Salah satu dari apa yang disebut fitonutrien yaitu, bahan kimia yang diproduksi tanaman untuk menjaga dan mengurangi peradangan di otak kita. mendukung pembelajaran dan memori, dan memberikan manfaat nyata lainnya untuk kesehatan otak," Kaiser menjelaskan.

Semua ini menimbulkan pertanyaan besar: Jika seseorang bukan peminum kopi atau teh, haruskah Anda memulainya?

Anda dapat merasa senang mengetahui bahwa rutinitas Anda mungkin memiliki hubungan dengan risiko demensia dan stroke yang lebih rendah, Kaiser menambahkan.

(Foto: pixabay)

Artikel Asli