Para Pria, Ini Makanan Agar Anda Tidak Cepat Tua

Gaya Hidup | bisnis.com | Published at Jumat, 26 November 2021 - 13:13
Para Pria, Ini Makanan Agar Anda Tidak Cepat Tua

Bisnis.com, JAKARTA - Penuaan tidak dapat dihindaritetapi para ilmuwan sekarang tahu bahwa ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk memperlambat seluruh proses, seperti berolahraga secara teratur, cukup tidur setiap malam, membatasi berapa banyak alkohol yang Anda minum, dan makan makanan bergizi seimbang yang mengandung antioksidan. Faktanya, diet Anda dapat memainkan peran penting dalam bagaimana tubuh Anda menua. Meskipun makan dengan benar penting di setiap tahap kehidupan Anda, para ahli mengatakan itu sangat penting seiring bertambahnya usia.

Jadi, makanan mana yang harus Anda fokuskan? Nah, dalam apa yang disebut "Zona Biru" di duniawilayah yang memiliki konsentrasi penduduk berusia di atas 100 tahun tertinggisemuanya tentang makan nabati. Menurut Harvard Pilgrim HealthCare, orang yang makan makanan nabati memiliki kemungkinan 50% lebih kecil untuk mengembangkan penyakit kronis seperti diabetes tipe 2, kanker, dan penyakit jantung. Sebaliknya, penelitian menunjukkan bahwa makanan olahan justru dapat mempercepat penuaan.

Seperti kata pepatah lama, Anda adalah apa yang Anda makanjadi, jika tujuan Anda adalah menjadi lebih muda di dalam dan di luar seiring bertambahnya usia, berikut adalah beberapa makanan terbaik bagi pria untuk memperlambat penuaan setelah 50.

Setelah itu, pastikan untuk konsultasikan daftar Kebiasaan Makan Kami yang Memperlambat Penuaan Setelah 50, Kata Ahli Diet.

1. Alpukat

Sangat mudah untuk menyukai alpukat, dengan teksturnya yang kaya dan lembut yang meningkatkan segalanya mulai dari sandwich dan salad hingga taco dan omelet tetapi inilah satu alasan lagi untuk menambahkan makanan ini ke daftar belanja Anda.

"Alpukat kaya akan jenis lemak 'baik untuk Anda'lemak tak jenuh tunggalyang membantu mengurangi lonjakan gula darah," kata Rachel Fine, RD dan pemilik layanan konseling nutrisi NYC To The Pointe Nutrition. Kandungan vitamin dan lemak alpukat memberikan dorongan antioksidan dan fitokimia yang menentang penuaan. Vitamin B dan C, selain folat dan magnesium, lutein, dan beta-karoten hanyalah beberapa antioksidan anti-penuaan utama yang ditemukan dalam alpukat. buah."

2. Asparagus

Baik Anda mengukusnya, memanggangnya, atau menggorengnya di udara, asparagus adalah salah satu sayuran yang harus Anda susun di piring Anda. Mengapa? Asparagus tidak hanya dikaitkan dengan pencegahan jenis kanker tertentu, tetapi juga merupakan salah satu sumber makanan prebiotik terbaik, yang memfasilitasi pertumbuhan bakteri menguntungkan di usus Anda.

"Pria perlu berhati-hati untuk mengonsumsi berbagai makanan kaya prebiotik untuk memperlambat proses penuaan," kata Kara Landau, ahli kesehatan usus RD dan pendiri di Uplift Food. Ketika bakteri usus kita terpelihara dengan baik, mikrobioma lebih beragam yang, pada gilirannya, meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita, mengurangi peradangan, dan mendukung suasana hati kita. Efek gabungan dari usus yang sehat ini membantu menunda timbulnya penyakit gaya hidup dan penyakit fisik. yang terjadi di kemudian hari, serta mencegah timbulnya depresi yang mungkin disebabkan oleh perubahan gaya hidup yang biasa dialami pada kelompok usia ini seperti krisis paruh baya, pensiun, dan kesepian."

Asparagus, khususnya, mengandung inulin, sejenis serat prebiotik yang meningkatkan pencernaan yang sehat dan memberi makan bakteri "baik" di usus.

Bagi mereka yang membutuhkan camilan cepat dan mudah saat bepergian, Landau merekomendasikan beberapa Puff Prebiotik, yang mengandung campuran serat, prebiotik, dan probiotik yang didukung secara ilmiah yang terbukti mendukung kesehatan pencernaan dan kekebalan tubuh.

3. Ikan

Janet Coleman, RD dengan TheConsumerMag.com, mengatakan ikan adalah sumber protein yang ideal untuk fokus seiring bertambahnya usia karena beberapa alasan.

"Dalam sebuah penelitian, orang berusia di atas 50 tahun yang mengonsumsi ikan setidaknya sekali seminggu memiliki risiko penyakit jantung 16% lebih rendah dan risiko kematian 25% lebih rendah dari semua penyebab," jelasnya. "Para peneliti percaya ini karena ikan mengandung asam lemak omega-3, yang telah terbukti mengurangi peradangan dan tekanan darah."

Menurut Coleman, tubuh Anda menghasilkan semakin sedikit asam lemak esensial ini sendiri seiring bertambahnya usia itulah sebabnya mengapa sangat penting untuk memprioritaskan makanan yang tinggi omega-3 setelah usia 50 tahun.

Mengenai ikan mana yang harus Anda makansalmon, makarel Atlantik, cod, herring, dan tuna kalengan ringan memiliki asam lemak omega-3 paling banyak.

4. Bayam

Makan sayuran Anda adalah salah satu cara terbaik untuk memperlambat proses penuaan, kata Marissa Meshulam, RD dan pendiri MPM Nutrition.

"Hijau berdaun gelap dapat membantu memperlambat penurunan kognitif pada orang dewasa yang menua," tambahnya.

Bayam, kangkung, arugula, dan lobak Swiss sangat kaya akan vitamin K, zat gizi mikro pelindung yang diketahui memiliki efek anti-inflamasi dalam tubuh, yang berarti dapat bermanfaat dalam kaitannya dengan kondisi terkait usia seperti penyakit kardiovaskular, osteoartritis. , dan osteoporosis.

5. Kacang

Almond, walnut, dan kacang-kacangan lainnya kaya akan fitokimia kuat yang dapat meningkatkan kesehatan dengan berbagai cara seiring bertambahnya usia. Faktanya, sebuah studi tahun 2019 dalam jurnal Antioksidan menemukan bahwa kacang dapat menurunkan faktor risiko beberapa penyakit terkait usia dan memainkan peran kunci dalam keseluruhan umur dengan mengurangi peradangan dan stres oksidatif.

"Kacang seperti almond kaya akan vitamin E, antioksidan yang dikenal untuk menjaga kulit tetap sehat dan awet muda serta mencegah kerutan wajah," tambah Meshulam. Kacang lain seperti kenari menyediakan asam lemak omega 3, yang dapat mengurangi peradangan yang terlibat dalam penurunan kognitif.

6. Berry

Buah beri, prem, apel, dan ceri manis termasuk di antara buah-buahan yang mengandung antioksidan tertinggi. Itu penting, kata Meshulam, karena antioksidan melindungi sel dari kerusakan radikal bebas yang mendorong penuaan.

Coba tambahkan buah beri ke smoothie, oat, yogurt, dan granola atau cukup camilan di segenggam penuh. Ketika Anda tidak memiliki buah segar di rumah, Meshulam juga menyukai batangan That's It, yang berisi dua porsi buah utuh tanpa tambahan gula.

Untuk tips penuaan lebih lanjut, baca ini selanjutnya:

- Kebiasaan Kopi yang Membuat Anda Lebih Cepat Menua, Kata Ahli Diet
- Makanan Terbaik untuk Wanita untuk Memperlambat Penuaan Setelah 50, Kata Ahli Diet
- Studi Baru Mengklaim Diet MIND Dapat Membantu Mencegah Masalah Penuaan Umum Ini

Artikel Asli