Siapa Bilang Penderita Kolesterol Dilarang Makan Seafood? Ini Tips Aman Makan Udang dan Kepiting yang Wajib Diketahui

Gaya Hidup | herstory | Published at Jumat, 26 November 2021 - 12:45
Siapa Bilang Penderita Kolesterol Dilarang Makan Seafood? Ini Tips Aman Makan Udang dan Kepiting yang Wajib Diketahui

Kolesterol menjadi masalah kesehatan yang umum terjadi. Kondisi ini sebagian besar disebabkan dengan asupan makanan, termasuk dengan seafood atau makanan laut.

Para penderita kolesterol pasti banyak yang menjauhi makanan laut, seperti udang dan kepiting. Namun, sebenarnya makanan ini tetap boleh dikonsumsi oleh penderita kolesterol dengan aman.

Sekadar informasi bahwa udang merupakan makanan laut yang memiliki kolesterol paling tinggi di antara lainnya. Misalnya, 100 gram udang mentah mengandung 189 miligram kolesterol.

Sedangkan, kepiting memiliki kandungan 55-59 miligram kolesterol. Mengingat kadar kolesterolnya lebih rendah, daging kepiting juga relatif lebih aman bagi orang-orang yang harus mengontrol kadar kolesterol setiap hari.

Nah, bagaimana cara aman mengonsumsi udang dan kepiting agar tidak kolesterol tidak naik?

Asupan harian yang aman untuk mengonsumsi makanan tersebut yakni 226 gram dalam seminggu. Misalnya, satu porsi udang memiliki berat 85 gram. Dengan begitu, kamu boleh makan udang sebanyak 2-3 porsi dalam seminggu. Karena, 85 gram udang saja sudah memenuhi hampir setengah kebutuhan kolesterol per hari menurut Angka Kecukupan Gizi (AKG).

Sementara untuk daging kepiting, kamu masih boleh mengonsumsi 3-4 porsi dalam seminggu. Batasan ini didasarkan pada satu sajian kepiting sebesar 85 gram dengan kandungan kolesterol sebanyak 97 miligram.

Udang dan kepiting pada dasarnya merupakan sumber protein yang baik. Namun, risiko kesehatan biasanya muncul akibat konsumsi yang berlebihan atau cara memasak yang menambah kandungan natrium dan lemak.

Oleh karena itu, sangat disarankan agar kamu juga mengonsumsi bahan makanan yang rendah kolesterol seperti sayuran dan kacang-kacangan

Artikel Asli