Golongan Darah O Wajib Hindari Makan Sayur Kol, Bisa Fatal Akibatnya

Gaya Hidup | herstory | Published at Jumat, 26 November 2021 - 12:00
Golongan Darah O Wajib Hindari Makan Sayur Kol, Bisa Fatal Akibatnya

Kol merupakan salah satu sayuran yang paling sering dikonsumsi serta mudah diolah dan juga rasanya enak. Namun, ternyata terdapat golongan darah yang tidak boleh mengonsumsi kol lho.

Hal ini berkaitan dengan golongan darah O yang tidak disarankan untuk makan kol atau kubis.

Kubis atau kol ternyata bisa menimbulkan efek samping yang tak terduga.

Kenapa, ya? Yuk, simak penjelasan berikut, dilansir dari berbagai sumber, Jumat (26/11/2021)

Pemilik Golongan Darah O Jangan Makan Kol

Teori ini dilandasi penelitian bertahan-tahun yang dilakukan oleh Dr. Peter J. DAdamo, ahli naturopatis asal Amerika Serikat (AS). Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa setiap bahan pangan memiliki reaksi berbeda terhadap golongan darah.

Bahan pangan tertentu bisa bermanfaat, tapi bisa bersifat racun bagi gologan darah lainnya. Kondisi itu bisa terjadi karena hampir setiap bahan makanan mengandung lektin, yakni sejenis protein yang akan bereaksi dengan darah dalam tubuh.

Apabila golongan darah tidak cocok dengan lektin, akan terjadi gangguan kesehatan, seperti penggumpalan darah yang dapat memicu beragam penyakit.

Nah, salah satu sayuran yang harus diwaspadai golongan darah O adalah sayuran dari keluarga kubis-kubisan alias Brasicca.

Kubis diketahui dapat menghambat fungsi tiroid pemilik golongan darah O. Pasalnya, fungsi tiroid pada golongan darah O notabene secara alami lebih lemah dibanding pemilik golongan darah lainnya.

Berikut daftar sayuran yang termasuk dalam keluarga kubis-kubisan:

- Kol hijau

- Kol putih

- Kol merah

- Kembang kol Cuciwis.

Makanan Untuk Diet Golongan Darah O

Supaya dapat menurunkan berat badan secara efektif, pemilik golongan darah O perlu mengetahui makanan apa saja yang baik untuk dikonsumsi dan jenis makanan yang harus dihindari.

1. Ikan dan Daging

Daging dan ikan adalah makanan yang paling baik untuk dikonsumsi oleh golongan darah O. Konsumsi seafood dan bahkan daging merah dapat membantu golongan darah O menurunkan berat badan.

2. Biji-Bijian & Kacang-Kacangan

Pemilik golongan darah O perlu membatasi konsumsi biji-bijian, seperti padi-padian dan kacang-kacangan, seperti kacang polong.

Golongan darah O juga, sebaiknya menghindari gandum, jagung, kacang navy, dan kacang merah karena dapat memicu alergi.

3. Buah dan Sayur

Buah yang dianggap bermanfaat untuk golongan darah O adalah pisang dan mangga. Melon, melon madu (honeydew), blewah, jeruk, stroberi, kelapa, dan kiwi adalah jenis buah-buahan yang harus dihindari.

Sedangkan sayuran terbaik adalah daun seledri, daun bawang, kangkung, bayam, buncis, dan brokoli.

Manfaat Buah Bagi Golongan Darah O

Berbagai jenis buah memiliki kandungan gizi dan manfaat yang beragam bagi tubuh. Contohnya buah pepaya yang memiliki kandungan vitamin C yang tinggi yang membantu memeliharadayan tahan tubuh.

Bagi para pemilik golongan darah O misalnya, melansir Buku Diet Sehat Golongan Darah O (2015) oleh Wied Harry Apriadji, bagi golongan darah O, buah tidak semata-mata merupakan sumber serat, vitamin dan mineral.

Akan tetapi, buah bisa menjadi pilihan makanan mengenyangkan yang lebih sehat untuk menggantikan makanan pokok, seperti pasta, roti, maupun nasi.

Apabila pemilik golongan darah O memilih menyantap buah daripada selembar roti, sepiring pasta atau nasi, maka sistem pencernaan mereka akan dapat bekerja lebih baik.

Roti tawar mengandung bahan kimia yang bisa merusak sistim pencernaan manusia.

Tak hanya itu, pada saat bersamaan, kelebihan berat badan pada pemilik golongan darah O itu pun bisa berkurang atau menyusut.

Meski bisa membantu pencernaan hingga menurunkan berat badan bagi pemilik golongan darah O, ada jenis buah yang bisa membahayakan kesehatan pemilik golongan darah O.

Itulah penjelasan mengapa kol tidak baik dikonsumsi bagi golongand arah O. Semoga bermanfaat, ya!

Artikel Asli