3 Gejala Stroke pada Perempuan, Bukan Cuma Lumpuh Sebelah

Gaya Hidup | bisnis.com | Published at Jumat, 26 November 2021 - 10:50
3 Gejala Stroke pada Perempuan, Bukan Cuma Lumpuh Sebelah

Bisnis.com, JAKARTA - Stroke bisa mematikan, tetapi mengetahui tanda-tanda peringatan dan menerimanya adalah salah satu cara Anda dapat mengurangi risiko efek jangka panjang atau kematian.

Tahukah Anda bahwa gejala pada pria dan wanita berbeda?

Stroke dapat bermanifestasi sedikit berbeda pada pria dan wanita dan wanita lebih mungkin menderita stroke. Jika Anda atau orang lain mengalami stroke, hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah segera mendapatkan pertolongan medis. Itulah mengapa sangat penting untuk mengetahui seperti apa stroke pada pria dan wanita.

Semakin cepat seseorang menerima perawatan untuk stroke, semakin sedikit kerusakan permanen yang dapat dilakukan dan semakin kecil kemungkinan mereka untuk meninggal.

Sementara pria dan wanita umumnya mengalami gejala stroke yang sama di wajah, lengan dan bicara, wanita mengalami beberapa gejala tambahan.

Wanita seringkali lebih berisiko terkena stroke karena pil kontrasepsi, kehamilan, dan peningkatan kemungkinan migrain.

Selain itu, wanita cenderung hidup lebih lama daripada pria sehingga mereka memiliki lebih banyak peluang terkena stroke dalam hidup mereka.

Wanita juga lebih mungkin meninggal karena stroke karena mereka cenderung mengalami stroke pada usia yang lebih tua daripada pria.
Menurut American Stroke Association, pria dan wanita yang mengalami stroke sering merasakan gejala stroke yang serupa, seperti wajah terkulai, kelemahan lengan, dan kesulitan berbicara.

Baik pria maupun wanita juga dapat memiliki masalah melihat salah satu atau kedua mata dan masalah keseimbangan atau koordinasi.

Namun, stroke cenderung lebih halus pada wanita dan wanita seringkali bisa mengabaikan tanda-tanda peringatannya.

Beberapa tanda stroke pada wanita bisa jadi cukup samar untuk dilewatkan atau diabaikan. Itu dapat menyebabkan keterlambatan dalam mendapatkan perawatan yang sensitif terhadap waktu dan menyelamatkan jiwa,"Situs web American Stroke Association memperingatkan dilansir dari Express.

Namun, telah dicatat bahwa wanita juga dapat mengalami tiga gejala berikut:

1. Kelemahan umum
2. Disorientasi dan kebingungan atau masalah memori
3. Kelelahan, mual atau muntah

Wanita dapat mengalami jenis stroke yang sama dengan pria, yang disebabkan oleh gumpalan atau pendarahan di otak.

Tapi, seperti yang ditunjukkan oleh Asosiasi Stroke, ada jenis stroke langka lainnya yang lebih sering terjadi pada wanita, yang dikenal sebagai trombosis vena serebral (CVT).

CVT terjadi ketika gumpalan darah terbentuk antara otak dan tengkorak, menghalangi darah mengalir keluar dari saluran pembuangan.

Gejala CVT mungkin muncul lebih bertahap daripada stroke biasa, tetapi tetap penting untuk mendapatkan bantuan medis sesegera mungkin.

Situs Asosiasi Stroke Inggris mencantumkan yang berikut ini sebagai tanda-tanda CVT:

1. Sakit kepala
2. Kebingungan
3. Kejang

Artikel Asli