Selain Bali, Ini 5 Destinasi Wisata Buat Kamu yang Ingin Eksplorasi Alam Indonesia

Gaya Hidup | journal.sociolla.com | Published at Jumat, 26 November 2021 - 08:00
Selain Bali, Ini 5 Destinasi Wisata Buat Kamu yang Ingin Eksplorasi Alam Indonesia

Belakangan di media sosial banyak orang terlihat memanfaatkan waktu liburnya ke Bali. Padahal, Indonesia memiliki banyak sekali wisata alam selain Bali yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Terlebih, dengan kondisi pandemi Covid-19 yang kian membaik, di tahun yang baru nanti enggak ada salahnya jika kamu ingin mulai kembali berlibur. Nah, berikut beberapa rekomendasi destinasi alam selain Bali yang patut masuk bucket list kamu!

Bukit Holbung Samosir, Sumatera Utara

Sumber: Super Adventure

Kamu mungkin sudah kerap mendengar wisata alam Danau Toba, namun bagaimana dengan Bukit Holbung? Terletak dekat dengan danau Toba, tepatnya di Samosir, Sumatera Utara, Bukit Holbung menawarkan pemandangan alam yang super indah.

Hampir sejenis dengan bukit di Sumba dengan hamparan rumput yang luas, di Bukit Holbung kamu bisa sekaligus menikmati keindahan danau Toba dari atas. Oh iya, kamu juga bisa mendirikan tenda untuk berkemah di sana, loh!

Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur

Sumber: Tripcetera

Jika ingin berlibur di tengah pulau dengan panorama lautan membentang, maka kamu bisa mengunjungi Kepulauan Derawan. Bisa dibilang Kepulauan Derawan merupakan surga dunia bagi para pencinta wisata tropis. Terletak di Berau, Kalimatan Timur, Kepulauan Derawan terdiri dari enam pulau dan beberapa pulau kecil yang memiliki pesona masing-masing. Salah satunya Pulau Maratua dengan daya tarik gua laut yang indah, danau, dan resort mewah.

Selain itu, di Pulau Kakaban kamu bisa berenang di danau yang penuh dengan ubur-ubur tanpa sengat. Nah, jika kamu punya hobi menyelam atau snorkeling, melihat biota laut seperti karang, pari manta, penyu dan banyak lagi, Pulau Sangalakijadi pilihan yang tepat. Dengan mengunjungi Kepulauan Derawan, kamu bisa sekaligus dimanjakan oleh beragam pemandangaan dan kegiatan.

Desa Wae Rebo, Nusa Tenggara Timur

Sumber: Hello Flores

Jika sudah biasa berlibur ke lautan atau pegunungan, mungkin perlu mencoba mengunjungi tempat yang berbeda, misalnya ke pedesaan yang rumah penduduknya masih sangat tradisional di tengah hutan, seperti Desa Wae Rebo. Berlokasi di kabupaten Manggarai, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur, Wae Rebo merupakan pedesaan kecil dan terpencil yang terdiri dari rumah adat Flores bernama Mbaru Niang .

Selain dikelilingi hutan, di tengah pedesaan Wae Rebo tersebut kamu bisa melihat panorama pegunungan yang juga berdiri mengelilingi hutan dan desa. Tak salah lagi, Desa Wae Rebo sangat cocok dikunjungi jika kamu ingin benar-benar refreshing dari hingar bingar kota. Tak ada jangkauan seluler di desa ini, bahkan listrik hanya tersedia dari pukul 6 sore hingga 10 malam saja. Apa kamu tertarik?

Pulau Nikoi, Riau

Sumber: KSMTour

Tak seperti kebanyakan tempat lain, Pulau Nikoi yang terletak di Bintan, Riau, merupakan pulau pribadi. Kamu bisa menikmati liburan mewah yang tak terlupakan di pulau terpencil ini. Di antara 15 rumah pantai di pulau itu, kamu akan menemukan pantai indah yang dalam kondisi murni dengan pelayanan resort yang menyenangkan. Tenang saja, para penyelam juga dapat melihat beragam terumbu karang dan biota laut dengan jelas karena air laut yang masih sangat jernih.

Batu Papan, Papua

Sumber: Dictio Community

Ingin menikmati wisata alam yang lebih berbeda lagi? Batu Papan yang ada di Wamena, Papua, memanawarkan pengalaman dan pemandangan alam yang cukup berbeda dari yang lain. Batu Papan merupakan destinasi wisata yang menawarkan tumpukan batu-batu besar yang menonjol dari perut bumi. Menariknya, tumpukan batu tersebut berwarna putih seperti salju di bagian atasnya.

Tempat ini pun cenderung belum banyak diketahui, serta tak ada perkampungan di sekitar sana. Bukan tanpa alasan, hal itu dikarenakan aksesnya yang cukup sulit dan cuaca dingin. Oleh karena itu, jika ingin mengunjunginya, kamu harus memilih waktu yang tepat, ya!

Nah, kira-kira tempat wisata alam di Indonesia yang mana, nih, yang ingin kamu kunjungi selain Bali?

Artikel Asli