Beauty, WFH Gak Selamanya Baik? Ternyata Ini Lho 3 Dampak Buruk Bekerja dari Rumah

Gaya Hidup | herstory | Published at Jumat, 26 November 2021 - 07:25
Beauty, WFH Gak Selamanya Baik? Ternyata Ini Lho 3 Dampak Buruk Bekerja dari Rumah

Semenjak pandemi, banyak sekali perusahaan yang menetapkan Work From Home (WFH) atau biasa disebut juga bekerja dari rumah. Hal ini berkesan lebih fleksibel karena kamu bisa mengerjakan tugasmu kapanpun, kan? Tapi ternyata, strategi ini mempunyai dampak buruk bagi kesehatan, lho .

Melansir Healthshots, berikut adalah tiga dampak buruk bekerja dari rumah. Apa saja, ya?

1. Lebih Melelahkan

Sebuah penelitian yang terbit dalam Journal of Applied Psychology menyebutkan bahwa bekerja dari rumah mengandalkan konferensi video ternyata telah membuat karyawan gampang lelah dan stres.

Bahkan rapat video yang terus berulang, kewajiban memenuhi target pekerjaan secara online, disebut bisa berdampak pada kesehatan mental mereka sehingga pada akhirnya, karyawan lebih cepat kelelahan.

Selain itu, ruang kerja konvensional yang digerakkan oleh komunitas, telah memberikan tingkat dorongan dan suasana yang dapat meningkatkan energi, motivasi, serta produktivitas.

2. Kesulitan Membagi Waktu

 

Karyawan sulit membagi waktu antara kehidupan pribadi dan profesionalnya. Sejak Pra-coronavirus, kebanyakan orang punya waktu pribadi lebih banyak setelah bekerja seharian. Bahkan, mereka juga bisa melakukan sosialisasi dengan rekan kerja dan teman terdekat, lho .

Namun sejak Covid-19, masyarakat lebih sering di rumah saja. Ditambah pekerjaan WFH yang menumpuk, itu membuat orang sulit membagi waktu pribadinya.

Di samping itu, saat karyawan yang bekerja dari rumah tak punya ruang pribadi, hal ini dapat memicu stres dan kecemasan sehingga berdampak pada kesehatan mentalnya yang bisa memburuk.

3. Makan Berlebihan

Selama bekerja dari rumah, seseorang sangat mungkin jadi mengonsumsi makanan secara berlebihan. Hal ini dipengaruhi kondisi dan keadaan di mana asupan yang tak diatur menyebabkan mereka mengonsumsi makanan tak sehat pula.

Dampaknya tak cuma pada stres selama bekerja dari rumah, melainkan juga dapat meningkatkan berat badan berlebih, lesu, hingga memicu penyakit serius.

Artikel Asli