6 Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan Tubuh

Gaya Hidup | katadata.co.id | Published at Jumat, 26 November 2021 - 00:30
6 Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan Tubuh

Tanaman herbal kerap menjadi pilihan untuk obat alami,salah satunyadaun binahong. Tumbuhan ini sangat populer di Tiongkok dan punya nama lain, yakni Dhen San Chi. Tanaman ini diprediksi sudah eksis sejak belasan tahun lalu sebagai bahan pengobatan alternatif. Hal itu didukungmanfaat daun binahong yang dipercaya mampu mengatasi sejumlah penyakit.

Manfaat daun binahong yang mungkin sudah diketahui oleh banyak orang, salah satunya untuk menyembuhkan luka. Daun ini juga ampuh meredakan nyeri maag dan gagal ginjal.

Merujukpada buku berjudul Daun Ajaib Penumpas Penyakit (2012) karya Lina Mardiana, dijelaskan bahwa tumbuhan Binahong merupakan tanaman asli Amerika Selatan. Herbal ini mempunyai daun hijau tunggal bertangkai pendek denganbentuk daun menyerupai jantung dengab helai daun yang tipis berujung runcing.

Di Indonesia, daun binahong sudah lama dipakai untuk membantu menyembuhkan berbagai macam penyakit. Daunnya sangat mujarab sebagai obat radang usus dan mampu melancarkan peredaran darah. Dikutip dari Sehatq, Alodokter, serta sumber lainnya, berikut manfaat daun binahong untuk kesehatan.

Manfaat Daun Binahong

1. Menyembuhkan Luka Bakar

Manfaat daun binahong paling umum digunakan untuk mengobati luka bakar. Binahong diperkaya kandungan nutrisi yang bisa mempercepat proses penyembuhan luka. Kulit yang mengalami luka bakar akan semakin cepat sembuh, karena kandungan di dalam daun binahong sanggup meningkatkan kerja pembentukan kolagen.

Dalam proses penyembuhan luka, unsur paling berperan besar itu berasal dari flavonoid, tanin dan saponin. Sifat antibakteri saponin bisa mencegah infeksi bakteri pada luka. Senyawa inilah yang akan mempercepat pembentukan kolagen kulit.

Sementara tanin, merupakan senyawa yang bermanfaat mencegah pendarahan. Nantinya, luka semakin cepat menutup karena tanin pun dapat membantu mengecilkan pori-pori kulit.

Manfaat daun binahong ini bukan mitos belaka. Sebab, sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa ekstrak daun tersebut mempercepat penyembuhan luka di kulit.

2. Mengobati Penyakit Asam Urat

Kandungan flavonoid pada daun binahongdinilai mampu mengurangi penyakit asam urat di dalam tubuh. Khasiat ini sangat berguna, karena membantu menurunkan risiko terkena penyakit asam urat.

Manfaat daun binahong ini dapat diperoleh dengan berbagai metode. Paling gampang yakni merebus daun tersebut. Mengonsumsi rebusan daun binahong diklaim bisa mengatasi kadar purin berlebih. Sekedar informasi, kadar purin merupakan senyawa organik yangmuncul dari mengonsumsi makanan pemicu asam urat.

Meski dipercaya dapat mengatasi asam urat, ada baiknya penggunaan daun binahong hanya sebatas alternatif pengobatan alami. Jika asam urat kronis, Anda disarankan pergi ke dokter dan mendapatkan penanganan lebih lanjut.

3. Mengatasi Maag dan Mencegah Penyakit Jantung

Penyakit maag bisa menyerang siapa saja. Jika sudah menderita penyakit ini, nyeri yang dirasakan akan sangat menyiksa dan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Maag disebabkan oleh beberapa faktor, seperti adanya luka pada bagian dalam lambung. Saat kambuh, nyerinya dan panas di lambung akan cukup menyakitkan. Manfaat daun binahong bisa menjadi solusi, karena bisa mengontrol asam lambung, shingga maag tidak mudah kambuh.

Tidak hanya itu saja, senyawa yang terkandung dalam daun binahong mampu menghambat sekaligus mengurangi jumlah kadar kolesterol jahat. Daunitu pun berkhasiat menurunkan kadar lemak dalam darah. Semua manfaat daun binahong ini akan membantu mencegah penyakit jantung.

Sebagai catatan, jumlah pemakaian obat herbal yang satu ini harus benar-benar diperhatikan.Dengan begitu, Anda bisa memperoleh manfaat daun binahong secara maksimal tanpa berisiko terkenaefek negatif.

4. Menangkal Kanker

Belum ada penelitian lebih lanjut tentang manfaat daun binahong untuk mencegah kanker. Meski begitu, khasiatnya dipercaya mampu mengurangi risiko terkena penyakit mematikan ini.

Daun binahong kaya akan kandungan antioksidan yang berfungsi sebagai penangkal radikal bebas. Antioksidan juga dikenal luas bisa membantu melawan sel kanker.

5. Menurunkan Risiko Diabetes

Kandungan senyawa seperti kumarin, steroid dan flavonoid dalam daun binahong berkhasiat menurunkan kadar gula darah, serta mengurangi risiko terkena penyakit diabetes. Daun ini dapat dikonsumsi sebagai obat herbal mengatasi diabetes.

6. Menyehatkan Ginjal

Sejumlah studi membuktikan bahwa manfaat daun binahong bisa memperbaiki sel ginjal pada orang yang mengidap penyakit gagal ginjal. Sejumlah kandungan nutrisi di dalam daun binahong akan meningkatkan fungsi ginjal jadi lebih baik.

Dengan mengonsumsi air rebusan binahong juga akan memberikan asupan gizi yang berkhasiat bagi tubuh. Akan tetapi, meski menyehatkan daun binahong dapat memicu efek samping seperti sakit perut, alergi pusing, mual, dan muntah.

Daun ini juga tidak direkomendasikan dikonsumsi ibu hamil serta penderita nyeri dada. Apabila sudah merasakan beberapa gejala efek samping dari daun binahong, sebaiknya langsung pergi ke dokter untuk mendapat penanganan serius.

Demikian manfaat daun binahong. Tanaman ini terbukti ampuh membantu mengatasi dan meringankan beberapa penyakit serius yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Namun demikian, penggunaan binahong sebagai obat herbal harus diperhatikan. Sebab, bila dipakai berlebihan daun tersebut akan menimbulkan sejumlah efek samping. Oleh karena itu, gunakan daun inidenganjumlah wajar.

Artikel Asli