7 Tips Menjaga Fokus Sepanjang Hari Saat Bekerja

Gaya Hidup | koran-jakarta.com | Published at Kamis, 25 November 2021 - 23:50
7 Tips Menjaga Fokus Sepanjang Hari Saat Bekerja

Banyak hal di kantor yang bisa menganggu konsentrasimu ketika bekerja. Mulai dari suara yang mengganggu, notifikasi e-mail yang membanjir, kurang semangat, sampai suhu di kantor yang terlalu dingin. Akibatnya kita jadi susah menyelesaikan pekerjaan dan bisa berulang kali menanyakan pertanyaan yang sama pada rekan kerja.

Agar berjalan lancar dan mendapat hasil yang memuaskan, konsentrasi dan fokus yang penuh adalah hal penting harus diperhatikan. Untuk meningkatkan kerja otak dan konsentrasi, berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan.

1. Kurangi multitasking

Jangan terlalu banyak melakukan berbagai hal sekaligus. Multitasking menyerap banyak kapasitas memori, attention span, dan energi. Usahakan untuk membuat to-do list supaya kamu bisa menyelesaikan semua pekerjaan sesuai urutan prioritas dan kamu tak terganggu dengan pekerjaan-pekerjaan yang belum kamu selesaikan.

2. Meditasi

Biasakan untuk bermeditasi setiap hari meskipun hanya 15 menit. Meditasi terbukti membantu meningkatkan fokus dan konsentrasi sehingga kamu bisa mengendalikan pikiranmu. Kalau kamu bingung bagaimana cara meditasi yang benar, banyak aplikasi pemandu meditasi yang bisa kamu download dari smartphone-mu.

3. Olahraga teratur

Selain untuk kebugaran badan, olahraga juga baik untuk melatih kesehatan mental. Saat kamu berolahraga, otak akan memproduksi zat yang membantu meningkatkan konsentrasi dan kapasitas memori.

4. Konsumsi air putih atau kafein

Perbanyak konsumsi cairan, terutama air putih. Hilangnya konsentrasi dan fokus salah satunya disebabkan oleh kurangnya asupan air dan oksigen dalam tubuh. Kalau kamu benar-benar sudah gagal fokus terutama karena lelah, segera minum kopi atau teh yang mengandung kafein untuk mengembalikan kesegaran pikiranmu.

5. Istirahat sejenak

Penelitian telah membuktikan pentingnya beristirahat sejenak dari pekerjaanmu untuk menjaga fokus. Cobalah untuk beristirahat setiap 30 menit, bisa dengan berjalan mengambil air minum atau sekadar mengobrol dengan teman kerja selama 3 - 5 menit.

6. Tidur yang cukup

Salah satu gejala kurang tidur adalah tingkat konsentrasi yang lemah. Cukupkan dirimu dengan 7 - 8 jam tidur malam sebelum berangkat kerja dengan menghindari kegiatan-kegiatan yang kurang perlu sebelum kamu tidur seperti mengecek akun-akun media sosialmu.

7. Rapikan meja kerjamu

Lingkungan kerja yang berantakan atau terlalu banyak barang bisa menghambat kemampuanmu untuk fokus dan membatasi kemampuan otakmu dalam memproses informasi. Jadi pastikan meja kerja atau bahkan desktop komputermu selalu bersih, ya.

Artikel Asli