Cuss Dicoba Nih, Beauty! 8 Cara Hilangkan Bekas Jerawat

Gaya Hidup | herstory | Published at Kamis, 25 November 2021 - 14:10
Cuss Dicoba Nih, Beauty! 8 Cara Hilangkan Bekas Jerawat

Jerawat sudah hilang, tapi bekasnya belum kunjung hilang? Pasti ngeselin banget ya, Beauty. Bekas jerawat ini bisa tumbul karena bekas luka yang merusak jaringan bawah kulitmu, lho . Lantas, gimana cara menghilangkannya, ya?

Kabar baiknya, bekas jerawat di wajah bisa dihilangkan dengan perawatan yang tepat nih.

Dilansir dari Healthline, Rabu (24/11/2021), berikut ulasan selengkapnya cara menghilangkan bekas jerawat di wajah.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

Sebelum melakukan perawatan wajah apa pun di rumah demi menghilangkan bekas jerawat, penting untuk berkonsultasi dengan dokter kulit masing-masing. Dokter akan membantu memilihkan metode terbaik untuk mengurangi munculnya bekas luka jerawat. Secara umum, ada beberapa cara ampuh untuk menghilangkan bekas jerawat seperti berikut:

1. Produk Alpha Hydroxide Acid (AHA)

Bahan aktif AHA sering kali ditemukan dalam produk untuk mengobati jerawat karena selain bekerja untuk menghilangkan kulit mati dan mencegah pori-pori tersumbat, AHA juga efektif membantu bekas jerawat tampak kurang terlihat.

AHA bekerja mengelupas lapisan luar kulit untuk membantu menghilangkan perubahan warna dan kulit kasar.

2. Lactic Acid / Asam Laktat

Pengelupasan kulit dengan asam laktat dua minggu sekali selama tiga bulan oleh dokter kulit bekerja memperbaiki tekstur kulit, penampilan, pigmentasi kulit, serta menghilangkan bekas jerawat.

Kandungan ini juga bisa ditemukan dalam salep dan serum. Kamu juga bisa menggunakan campuran cuka sari apel encer sebagai toner atau perawatan spot ya.

3. Retinoid

Retinoid bekerja menghaluskan bekas luka. Selain mempercepat regenerasi sel dan memperbaiki tekstur kulit, retinoid juga dapat mengurangi perubahan warna dan mengurangi bekas luka.

Namun, retinoid membuat kulit menjadi sensitif akan sinar matahari. Oleh karenanya, selalu pakai tabir surya saat menggunakan produk retinoid.

4. Asam Salisilat

Beragam produk skincare kulit jerawat, mulai dari perawatan spot hingga lotion, hampir semuanya dilengkapi asam salisilat untuk mengobati jerawat. Kandungan tersebut bekerja membersihkan pori-pori, mengurangi pembengkakan dan kemerahan, dan mengelupas kulit ketika dioleskan.

Efek samping dari penggunaan asam salisilat bisa jadi kekeringan dan iritasi. Untuk itu, penting untuk membaca petunjuk penggunaan dan konsultasi dengan dokter kulit.

5. Tabir surya

Tabir surya sangat penting digunakan setiap hari di atas bekas jerawat. Paparan sinar matahari ini dapat menggelapkan bekas luka atau membuatnya lebih terlihat. Tabir surya bekerja sebagai pelindung kulit terbaik.

6. Dermabrasi

Salah satu perawatan ini dinilai paling efektif dan umum untuk menghilangkan bekas jerawat. Kamu bisa melakukan prinsip yang sama dengan kit mikrodermabrasi yang bisa dilakukan di rumah, klinik kecantikan menggunakan wire brush untuk mengelupas lapisan atas kulit lebih dalam.

7. Chemical Peeling

Prosedur ini menghilangkan lapisan atas kulit guna mengurangi bekas luka yang lebih dalam. Chemical peeling bisa dilakukan di rumah, namun klinik kecantikan memberi solusi lebih kuat dengan hasil lebih baik.

8. Laser

Pelapisan ulang laser dapat membantu menghilangkan lapisan atas kulit. Perawatan ini memiliki waktu penyembuhan lebih cepat.

Laser bagus untuk semua bekas jerawat dan membuat warna kulit lebih cerah. Setelah treatment, kamu harus menutupi area bekas laser dengan perban sampai benar-benar sembuh.

Itulah, Beauty beberapa metode yang bisa dilakukan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat di wajah. Tapi, cara terbaik untuk mengobati bekas jerawat adalah mencegahnya sejak awal. Hindari memegang dan memencet jerawat yang justru memperparah kondisi jerawat dan bekas luka ya, Beauty.

Artikel Asli