Bisa Sebabkan Penyumbatan pada Usus Besar, Ini 5 Makanan yang Wajib Dihindari!

Gaya Hidup | herstory | Published at Kamis, 25 November 2021 - 12:30
Bisa Sebabkan Penyumbatan pada Usus Besar, Ini 5 Makanan yang Wajib Dihindari!

Penyumbatan usus atau obstruksi adalah kondisi di mana makanan atau cairan tidak melewati usus kecil atau usus besar.

Kondisi ini harus segera diobati karena bisa menyebabkan masalah yang serius. Salah satunya dengan cara melakukan pencegahan pada makanan yang dikonsumsi.

Berikut adalah makanan yang harus dihindari, dilansir dari Suara.com, Kamis (25/11/2021).

1. Kafein

Minuman dan makanan yang mengandung kafein bisa memicu refluks asam karena merilekskan sfingter esofagus-flap yang menjaga makanan di perut. Hal ini bisa menyebabkan makanan naik lagi ke kerongkongan.

2. Makanan pedas

Makanan pedas bisa berdampak buruk bagi pencernaan karena dapat memicu gejala refluks asam bagi sebagian orang. Makanan pedas memang baik untuk beberapa kondisi, seperti sinus dan mengontrol berat badan.

Tetapi, makanan terlalu banyak rempah panas dapat menyebabkan penyumbatan usus besar.

3. Wortel mentah

Makan wortel mentah tentu berbeda dengan wortel matang. Wortel mentah bisa membuat mual selama beberapa jam karena makanan itu berhenti di perut yang bisa menyebabkan penyumbatan usus.

4. Susu sapi

Susu adalah zat pembentuk lendir paling banyak yang bisa dimasukkan ke dalam mulut. Tapi, diet susu sapi telah dikaitkan dengan Inflammatory Bowel Disease (IBD) dan beberapa kasus Chrone's Disease.

5. Tepung putih

Tepung putih bertindak seperti lem di dalam usus besar. Jadi, bayangkan saja jika kamu terlalu sering mengonsumsi tepung putih yang bisa menyumbat usus besar seiring berjalannya waktu.

Artikel Asli