Manfaat Teh Daun Kelor, Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Gaya Hidup | katadata.co.id | Published at Kamis, 25 November 2021 - 12:26
Manfaat Teh Daun Kelor, Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Semenjak pandemi covid-19, berbagai ramuan penamabah imun semakin populer dikonsumsi, salah satunya teh daun kelor. Tanaman dengan nama latin Moringa oleifera ini memang dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Manfaat daun kelor terkenal sebagai salah satu bahan pengobatan tradisional yang berasal dari tanaman kelor. Tanaman asli India utara ini dapat tumbuh di tempat tropis dan subtropis lainnya, seperti Afrika dan Asia, termasuk Indonesia.

Tanaman kelor memiliki ketinggian sekitar 7 meter sampai 11 meter dan tumbuh subur di dataran rendah hingga ketinggian 700 meter di atas permukaan laut. Tanaman ini dapat tumbuh di semua jenis tanah serta tahan terhadap musim kering dengan toleransi terhadap kekeringan mencapai enam bulan.

Manfaat dan khasiat tanaman kelor dapat ditemukan pada seluruh bagian tanaman, mulai dari daun, batang, akar maupun biji. Karena itu, kelor disebut juga miracle tree dan mothers best friend . Di antara bagian-bagian tanaman ini, daun kelor memiliki kandungan nutrisi tinggi bagi kesehatan.

Ada banyak sekali kandungan nutrisi di dalam daun kelor seperti protein, karbohidrat, zat besi, magnesium, kalium, kalsium, vitamin C, vitamin A, dan asam folat. Dari kandungan inilah yang mengantarkan daun kelor menjadi rujukan pengobatan herbal dengan segudang manfaat.

Manfaat Teh Daun kelor

Mengutip WebMD dan berbagai sumber lainnya, berikut manfaat teh daun kelor:

1. Menyehatkan Jantung

Studi terdahulu yang dilakukan pada hewan membuktikan kalau sari daun kelor dapat meningkatkan kesehatan jantung. Tanaman ini mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan mengurangi pembentukan plan di arteri.

2. Baik untuk Otak

Otak merupakan organ vital yang dimiliki manusia. Jika fungsi dari otak terganggu maka fungsi dari organ lainnya juga bisa ikut terganggu. Untuk menjaga agar kesehatan dan fungsi otak tetap terjaga, Anda bisa memanfaatkan daun kelor.

Teh daun kelor mengandung antioksidan yang dapat membantu meredakan stres dan peradangan yang terjadi di jaringan-jaringan otak, sehingga dapat meningkatkan daya ingat.

3. Meningkatkan Imun

Manfaat daun kelor berikutnya yakni bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Kondisi ini sangat penting untuk menjaga agar tubuh tidak mudah terserang penyakit. Daun kelor memiliki kemampuan untuk melindungi tubuh dari berbagai bakteri dan virus penyebab penyakit. Hal tersebut membuat daun kelor penting untuk meningkatkan imun tubuh.

4. Pengobatan Kanker

Manfaat teh daun kelor untuk kesehatan selanjutnya yakni bisa mencegah pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh. Daun kelor memiliki antioksidan yang bisa melawan radikal bebas penyebab kanker. Selain itu, kelor juga bisa menghambat pertumbuhan sel kanker seperti kanker payudara, kanker usus besar, dan kanker pankreas.

Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan efektivitas teh daun kelor dalam melawan kanker.

5. Mencegah Diabetes

Penyakit ini mungkin menjadi momok menakutkan, sebab jika sudah menyerang akan sulit sekali untuk disembuhkan. Penyebab dari penyakit diabetes adalah karena kadar gula di dalam darah terlampu tinggi.

Untuk mencegah penyakit ini, perlu memastikan bahwa kadar gula tetap stabil atau normal. Daun kelor memiliki kemampuan menjaga kadar gula tetap rendah, sebab daun ini bisa meningkatkan kinerja dari hormon insulin. Hormon ini berperan dalam menjaga tubuh agar terhindar dari penyakit diabetes.

6. Mengobati Gangguan Pencernaan

Ekstrak kelor dapat membantu mengobati beberapa gangguan perut, seperti sembelit, gastritis, dan kolitis ulseratif. Sifat antibiotik dan antibakteri kelor ampuh menghambat pertumbuhan berbagai patogen dan kandungan vitamin B-nya yang tinggi dapat memperlancar pencernaan.

7. Mengatasi Disfungsi Ereksi

Manfaat teh daun kelor dapat berperan sebagai afrodisiak atau pembangkit gairah sehingga sering digunakan untuk mengobati disfungsi ereksi dalam pengobatan tradisional. Walaupun memerlukan penelitian lanjutan, namun sebuah penelitian pada tikus membuktikan kelor dapat meningkatkan fungsi seksual dengan menumbuhkan kadar testosteron.

Cara Membuat Teh Daun Kelor

Untuk membuat teh daun kelor, berikut bahan-bahan yang mesti disiapkan:

  • Daun kelor 3-4 batang
  • Satu gelas air panas
  • Perasan air lemon secukupnya
  • Madu secukupnya

Setelah semua bahan tersedia, ikuti langkah-langkah berikut:

Mengutip SehatQ , penjemuran daun kelor dapat memakan waktu 10-4 hari lamanya, sehingga jika ingin membuat teh daun kelor, sebaiknya lakukan dengan jumlah yang banyak sekaligus.

Daun kelor kering yang tersisa dari pembuatan teh bisa disimpan di dalam wadah kedap udara yang kering dan diambil saat ingin membuat olahan lainnya.

Artikel Asli