Review Film: Disney `Encanto`, Ajarkan Arti Penting Keluarga di Tengah Budaya Masyarakat Kolombia

Gaya Hidup | journal.sociolla.com | Published at Kamis, 25 November 2021 - 12:00
Review Film: Disney `Encanto`, Ajarkan Arti Penting Keluarga di Tengah Budaya Masyarakat Kolombia

Menjelang akhir November ini, Disney kembali menghadirkan film animasi terbaru berjudul 'Encanto' yang terinspirasi dari budaya Kolombia. Seperti kebanyakan film besutan Disney lainnya, Encanto menghadirkan cerita fiksi yang sarat akan pesan moral, hingga membuat penonton meneteskan air mata. Ingin tahu bagaimana ulasan selengkapnya? Scroll down , yuk!

Sinopsis

Keluarga Madrigal yang tinggal di sebuah casita atau rumah ajaib merupakan keluarga paling dihormati di Encanto, sebuah wilayah yang terbentuk berkat keajaiban sebuah lilin. Setiap anggota keluarga Madrigal memiliki kemampuan ajaib, seperti Luisa yang super kuat, Isabela yang mampu menumbuhkan bunga, hingga Antonio, anggota keluarga paling kecil yang baru mendapatkan keajaiban mampu berbicara dengan hewan.

Neneknya selalu mengingatkan setiap anggota keluarga bahwa keajaiban yang mereka miliki harus bermanfaat bagi sesama, sehingga mereka selalu berusaha membantu masyarakat dengan kemampuan ajaibnya. Namun, dari semua anggota keluarga, hanya Mirabel yang tak memiliki keajaiban. Ia pun kerap dikucilkan oleh masyarakat di lingkungan rumahnya, bahkan oleh neneknya sendiri.

Suatu ketika, Mirabel melihat casita retak. Ia memberitahu neneknya, namun tak ada yang mempercayainya. Saat mencari tahu tentang Bruno, pamannya yang pergi dari rumah karena memiliki keajaiban mampu melihat masa depan, Mirabel menemukan potongan kaca yang seolah menunjukkan bahwa dirinyalah penyebab kerusakan rumah ajaib itu. Bahkan, keajaiban setiap anggota keluarga Madrigal pun menghilang karena pecahan kaca itu. Lalu, bagaimana nasib Mirabel, rumah ajaib, dan anggota keluarganya?

Suguhkan budaya khas masyarakat Kolombia

Encanto bisa dibilang menjadi film Disney pertama yang menyuguhkan kebudayaan Kolombia secara menyeluruh, mulai dari tradisi, tarian, musik, hingga kostum. Yang menarik, sutradara Byuron Howard dan Jared Bush berkolaborasi dengan aktor sekaligus komposer Lin-Manuel Miranda untuk membuat delapan lagu bernuansa khas Kolombia di dalam film ini.

Encanto juga dihadirkan dengan visual penuh warna yang menjadi ciri khas masyarakat Kolombia. Misalnya pada rumah-rumah penduduk yang dicat warna-warni, hingga busana para tokoh yang dibuat colorful dengan aksen renda dan bergaya flowy, serta dipenuhi dengan motif rajutan bergambar bunga. Sebagai penonton, tentunya saya sangat menikmati visual Encanto secara keseluruhan.

Saya juga sangat terhibur dengan pemilihan lagu-lagu dalam film ini. Musik khas Latin terasa mengasyikkan dan tanpa sadar ingin membuat penonton ikut menggerakkan tangan dan kaki. Saya sendiri sampai langsung mencari lagu-lagunya di platform musik, lho!

Oh iya, saran saya, sebaiknya kamu jangan buru-buru men- judge filmnya sebelum menonton sampai tamat, ya! Awalnya saya mengira Encanto memiliki jalan cerita yang biasa-biasa saja, sampai saya berpikir, "Jadi, cuma begini ceritanya?". Tapi, saya salah! Jalan cerita semakin kompleks di setengah jam sebelum filmnya berakhir.

Encanto menghadirkan pesan moral mengenai arti penting keluarga yang sangat menyentuh sekaligus membuat hati menjadi hangat setelah menyaksikannya. Bahkan, tanpa sadar saya pun meneteskan air mata saat menyaksikan ending -nya. Karena itu, film ini sangat cocok untuk kamu tonton bersama dengan anggota keluarga.

https://www.youtube.com/watch?v=CaimKeDcudo

Film Encanto sudah bisa disaksikan di seluruh bioskop Indonesia mulai 24 November 2021. Jangan lupa untuk selalu menerapkan protokol kesehatan saat menonton di bioskop. Ingat, Corona masih ada!

Artikel Asli