Bikin Kaget! Ternyata Bukan Toilet Lho Bagian Terjorok di Rumah tapi...

Gaya Hidup | herstory | Published at Kamis, 25 November 2021 - 11:40
Bikin Kaget! Ternyata Bukan Toilet Lho Bagian Terjorok di Rumah tapi...

Bagi beberapa orang, toilet merupakan tempat yang paling jorok dirumah. Namun ternyata ada tempat yang lebih jorok selain toilet, lho

Co-Founder HydroClean Indonesia Pratiwi Halim mengungkapkan justru mengatakan bahwa matraslah yang merupakan bagian rumah paling kotor dibandingkan area lain termasuk toilet. Hal ini karena matras dianggap sebagai tempat paling nyaman bagi tumbuhnya bakteri, toilet mendapat perhatian lebih sehingga rutin dibersihkan setiap hari.

"Berbeda dengan matras yang kemungkinan orang menganggapnya bersih-bersih saja dari luar, tapi justru jadi tempat berkembang biak untuk tungau," ujar wanita yang akrab disapa Tiwi ini di Jakarta, belum lama ini.

Tungau, lanjut Tiwi, merupakan jenis serangga yang berukuran sangat kecil, bisa kurang dari 0.2 milimeter yang memakan sel kulit mati manusia dan debu organik. Kontak langsung antara kulit dan tungau bisa menyebabkan gangguan kulit, terutama bagi orang yang mempunyai alergi.

"Biasanya tungau senang bersembunyi di soft furniture, seperti kasur, matras, sofa dan tempat lainnya yang lembab. Apalagi furniture kan biasa dipakai bertahun-tahun sehingga nggak kebayang apa aja yang tersimpan di baliknya," tambah dia.

Nah, salah satu tanda kamu mengalami gangguan kulit akibat infeksi tungau adalah mulai muncul rasa gatal di bagian yang terpapar. Salah satu cara pencegahan yang tepat, tambah Tiwi, bisa dilakukan dengan membersihkan soft furniture seperti matras, kasur, sofa, boneka dan lainnya secara berkala ya, Moms.

"Idealnya pembersihan soft furniture dilakukan minimal sebulan sekali. Kenapa harus berulang, karena debu kan selalu menghampiri meski dibersihkan berulang kali, dan debu itu makanan untuk tungau berkembang biak," pungkas dia.

Artikel Asli