Awas! Ini Deretan Tanda Kolesterol Tinggi, Perhatikan Nomor 4 Sering Dialami tanpa Disadari

Gaya Hidup | herstory | Published at Kamis, 25 November 2021 - 11:45
Awas! Ini Deretan Tanda Kolesterol Tinggi, Perhatikan Nomor 4 Sering Dialami tanpa Disadari

Kolesterol tinggi sering tak disadari hingga menimbulkan penyakit kronis, seperti stroke hingga serangan jantung. Kadar kolesterol yang tinggi di dalam tubuh bisa menyumbat arteri yang membawa darah ke organ vital.

Kondisi ini jarang disadari karena gejalanya jarang disadari. Padahal ini bisa mengancam nyawa jika tak ditangani dengan serius.

Demi menghindari hal yang tak diinginkan, yuk ketahui berikut ini beberapa gejala khas yang mungkin muncul akibat kolesterol tinggi:

1. Disfungsi ereksi

Penumpukan kolesterol bisa terjadi jika kadar kolesterol di dalam tubuh Anda tinggi. Penumpukan ini bisa menjadi salah satu penyebab dari disfungsi ereksi. Pasalnya penumpukan kolesterol menciptakan plak di pembuluh darah arteri dan menghalangi aliran darah.

Selain dapat menjadi penyebab serangan jantung, penumpukan plak juga akan menghalangi aliran darah menuju ke area genital dan penis sehingga muncul permasalahan pada saat ereksi. Maka dari itu, salah satu gejala yang mungkin terjadi pada pria saat memiliki kadar kolesterol tinggi adalah disfungsi ereksi.

Sering kali, gejala dari komplikasi akibat kolesterol tinggi ini diabaikan atau disalahartikan sebagai bagian dari ciri kondisi kesehatan lainnya.

2. Rasa sakit pada rahang

Menurut American Heart Association, rasa sakit pada rahang merupakan salah satu gejala serangan jantung yang mungkin terjadi akibat kolesterol tinggi.

Maka dari itu, hal ini bisa menjadi salah satu gejala kolesterol tinggi yang bisa kamu waspadai kemunculannya.

Selain gejala serangan jantung, rasa sakit pada rahang juga bisa menjadi gejala dari penyakit jantung koroner, salah satu kondisi yang muncul akibat tingginya kadar kolesterol dalam darah.

Biasanya, arteri koroner bisa disebabkan karena terjadi penumpukan kolesterol di pembuluh darah arteri.

Meski begitu, sakit rahang bukan satu-satunya gejala penumpukan kolesterol dan biasanya masih disertai oleh gejala lain.

3. Dada terasa nyeri

Nyeri dada atau sering disebut sebagai angina merupakan salah satu komplikasi dari kolesterol tinggi. Artinya, saat kamu mengalami kondisi tersebut, bisa saja disebabkan karena kadar kolesterol yang sudah terlalu tinggi di dalam darah.

Pasalnya, kadar kolesterol tinggi dapat menyebabkan penumpukan zat lemak pada pembuluh darah arteri.

Penumpukan tersebut berpotensi menyebabkan dada terasa nyeri, hingga meningkatkan risiko pasien mengalami serangan jantung.

4. Kaki dan tangan mudah kesemutan

Gejala yang mungkin timbul akibat kolesterol tinggi adalah kaki dan tangan yang mudah kesemutan.

Bahkan, terkadang kaki ini juga mengalami rasa nyeri, ngilu, atau kondisi yang tidak nyaman ketika digunakan berjalan atau digerakkan sekalipun.

Kadar kolesterol yang berlebih dapat menyebabkan pembuluh darah arteri yang menyuplai darah ke area kaki menyempit.

Hal ini menyebabkan aliran darah ke dalam jaringan tubuh semakin berkurang. Maka itu, aliran darah menuju ke beberapa bagian tubuh tidak memadai, salah satunya terjadi pada area kaki.

Artikel Asli