Bikin Lengket! Yuk Atur Tugas Bersihkan Rumah Bersama Suami, Moms

Gaya Hidup | herstory | Published at Kamis, 25 November 2021 - 09:40
Bikin Lengket! Yuk Atur Tugas Bersihkan Rumah Bersama Suami, Moms

Untuk beberapa pasangan baru, hal-hal biasanya masih dilakukan bersama-sama. Dari berbelanja hingga mengurus rumah. Nah, di momen yang membahagiakan itu ternyata kegiatan membersihkan rumah bersama-sama patut dicoba, lho.

Apalagi saat berumah tangga dan kamu sudah memiliki rumah sendiri untuk ditempati dengan pasangan, ini saatnya untuk membagi pekerjaan rumah dengan pasangan. Menjaga kebersihan rumah bukan hanya menjadi tanggung jawab istri, namun juga menjadi tanggung jawab suami.

Agar rumah bisa ditata dengan bersih, nyaman, dan rapi, tak ada salahnya kalau kamu dan pasangan membuat sebuah jadwal tugas per individu. Tugas rumah bisa cepat selesai apabila dilakukan dengan bersama-sama.

Lantas, bagaimana cara membagi tugas membersihkan rumah?

Membagi tugas di dalam dan di luar

Kamu bisa membagi tugas mana yang membersihkan bagian dalam rumah dan mana yang membersihkan bagian luar rumah.

Contohnya, kamu bertugas untuk membersihkan bagian dalam rumah seperti membersihkan lantai, mencuci piring, membersihkan dapur, membersihkan kamar mandi hingga kamar; sedangkan suami kamu bertugas untuk membersihkan teras, menyiram tanaman.

Membuat jadwal yang adil

 

Kalau kamu ingin membagi dengan cara harian, atur jadwal kerja yang berdasarkan pada hari contohnya kamu membersihkan rumah setiap hari Senin hingga Kamis, dan Jumat hingga Minggu suami kamu yang harus membersihkan.

Untuk menentukan jadwal, kamu harus mempertimbangakn dengan baik seperti apa kesibukan kantornya, jika pasangan terpaksa harus lembur, kamu harus mengambil alih pekerjaan beratnya ya, Moms.

Lakukan dengan bersama-sama

Agar tak ada yang malas untuk membersihkan rumah, kamu bisa mencoba melakukan pekerjaan rumah dengan bersama-sama. Bersihkan sekali dalam seminggu dan pilih harinya seperti hari Minggu. Mulai pagi hari kamu bisa membersihkan rumah mulai dari merapikan tempat tidur hingga menyiram tanaman.

Siapkan reward

Saat kamu dan pasangan berhasil melakukan pekerjaan ini berdua, masing-masing bisa memberikan reward seperti menabung untuk liburan ke luar kota atau memberikan barang sebagai tanda terima kasih lho. Selain itu, reward juga bisa berupa pujian, reward ini diberikan agar masing-masing menjadi lebih semangat melakukan pekerjaan dan hubungan menjadi lebih romantis. Selamat mencoba, Moms!

Artikel Asli