Waduh, Inilah 3 Pola Sarapan yang Salah untuk Penderita Diabetes, Jangan Ditiru Ya!

Gaya Hidup | herstory | Published at Kamis, 25 November 2021 - 06:48
Waduh, Inilah 3 Pola Sarapan yang Salah untuk Penderita Diabetes, Jangan Ditiru Ya!

Diabetes yang ditandai dengan naiknya kadar gula darah membuat penderitanya harus waspada. Jika enggak ditangani dengan serius, diabetes bisa menjadi pemicu penyakit kronis lainnya.

Para penderita diabetes harus mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Dengan begitu kadar gula darah bisa tetap terkontrol dengan aman.

Selain itu, penderita diabetes juga perlu memerhatikan pola makan, salah satunya saat sarapan. Ada beberapa kesalahan saat sarapan yang banyak dilakukan penderita diabetes. Apa saja? Yuk, simak baik-baik, ya!

Melewatkan sarapan

Melalui penelitian yang dimuat di jurnal Diabetes Care, telah dibuktikan bahwa penderita yang melewatkan sarapan akan mengalami peningkatan kadar gula hingga 37 persen setelah makan siang jika dibandingkan dengan hari di mana mereka enggak melewatkan sarapan.

Peningkatan ini pun bertahan hingga malam hari menjadi 27 persen lebih tinggi. Ini membuktikan bahwa sarapan penting bagi penderita diabetes. Jadi, jangan melewatkan sarapan, ya.

Sedikit sarapan, banyak makan malam

Dalam penelitian yang sama dan didukung oleh penelitian lain dalam jurnal Diabetologia, ditemukan bahwa penderita diabetes yang makan sarapan dengan porsi lebih banyak daripada porsi makan malam memiliki kadar gula darah 20 persen lebih rendah daripada mereka yang menjalani sebaliknya.

Memperhatikan porsi tiap-tiap jam makan memang penting bagi penderita diabetes. Berbagai hasil studi tersebut pun semakin menekankan pentingnya sarapan dengan porsi dan menu yang benar, terutama bagi kamu yang memiliki penyakit diabetes.

Menu sarapan tinggi gula

Meski sarapan berfungsi untuk memasok energi untuk memulai hari, bukan berarti kamu boleh bermewah-mewah dengan berbagai hidangan tinggi gula di pagi hari.

Hal ini sering kali dijadikan jalan pintas dalam menyiapkan menu sarapan, sehingga pilihan jatuh kepada makanan seperti roti, kue, atau jajanan manis yang disertai kopi dan susu agar sarapan menjadi praktis.

Menu sarapan yang baik seharusnya bisa memberikan kamu cadangan energi sampai tiba waktunya makan siang, atau setidaknya sampai waktu ngemil di antara sarapan dan makan siang.

Nah, itulah kesalahan saat sarapan yang enggak boleh dilakukan penderita diabetes. Semoga bermanfaat, ya!

Artikel Asli