4 Cara Sederhana Mengubah Mood Buruk jadi Baik

Gaya Hidup | bisnis.com | Published at Kamis, 25 November 2021 - 04:06
4 Cara Sederhana Mengubah Mood Buruk jadi Baik

Bisnis.com, JAKARTA Bagaimana keadaan Anda hari ini? Apakah menyenangkan? Atau justru menjadi hari terburuk yang pernah ada?

Entah hari ini begitu banyak hal yang harus Anda kerjakan dan membuat Anda tertekan, kendaraan Anda mogok di jalanan atau mungkin salah satu anggota keluarga Anda sakit, hal-hal ini tentu saja menjadi hari yang buruk untuk Anda.

Sebagai orang dewasa, hal-hal buruk bisa saja terjadi dan Anda perlu tahu cara menangani hari yang buruk itu agar tidak bertambah buruk.

Melansir Inc, Rabu (24/11/2021), berikut empat cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mengubah hari yang buruk menjadi lebih baik.

1. Ubah geografi Anda

Ini bukan berarti Anda harus pindah, dari Jakarta ke Bali misalnya. Mengubah geografi tidak harus sedramatis dan semahal itu.

Jika saat ini Anda sedang rebahan di tempat tidur, bangunlah dari tempat tidur. Jika Anda sedang duduk di meja kerja Anda dan kewalahan dengan email yang masuk, berdiri dan lakukan peregangan tubuh. Atau, Anda bisa pergi keluar rumah, menghirup udara luar dan merasakan sinar matahari yang menyentuh kulit Anda. Dan, lakukan jalan-jalan singkat, seperti mengitari kompleks rumah dengan berjalan kaki. Ini dapat meningkatkan kondisi mental dan fisik Anda.

2. Alihkan perhatian Anda

Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknik distraksi yang disengaja dapat membantu kita mengatasi emosi yang menantang. Pikirkan tentang apa yang biasa Anda lakukan untuk mengalihkan perhatian Anda dengan melakukan hal-hal yang Anda sukai. Misalnya, beristirahat, membaca buku, bersepeda, belanja, makan, atau kegiatan menyenangkan lainnya.

3. Kenali dan tantang emosi sekunder Anda

Merasa kecewa, marah, atau kewalahan memang cukup sulit. Tetapi emosi sekunder kita, reaksi emosional yang kita miliki terhadap emosi lain, dapat memperburuk keadaan.

Misalnya, saat ini Anda kewalahan dengan tugas-tugas Anda dan juga Anda kesal karena kewalahan oleh tugas-tugas yang ada. Atau, Anda saat ini merasa bersalah karena merasa sedih. Itu sekarang menjadi dua emosi yang menantang untuk dihadapi.

Daripada terjebak ke dalam spiral itu, tantang keyakinan Anda bagaimana perasaan Anda tidak seharusnya seperti itu.

Jika Anda yakin bahwa Anda seharusnya tidak merasa kewalahan dengan tugas Anda, tanyakan pada diri Anda apa yang ada di balik keyakinan itu. Jika Anda yakin bahwa Anda seharusnya tidak merasa sedih, lihat apakah Anda dapat menggali lebih dalam untuk mengeksplorasi bagaimana Anda belajar berpikir seperti itu.

4. Pilih orang yang tepat untuk diajak bicara

Saat Anda memiliki hari yang buruk, Anda memiliki beberapa pilihan untuk dibuat: apakah saya ingin mengobrol dengan teman yang mau mendengarkan dan berempati? Atau dengan anggota keluarga yang akan mencoba menghibur saya? Atau saya hanya ingin mengobrol dengan hewan peliharaan meskipun tahu mereka tidak akan memberikan reaksi apapun?

Mengetahui apa yang Anda butuhkan dan apa yang tidak, sangat penting untuk mendapatkan jenis dukungan yang sesuai untuk Anda. Dan mengetahui dari siapa Anda bisa mendapatkan apa yang Anda butuhkan juga sama pentingnya.

Artikel Asli